Olahraga dengan intensitas tinggi dapat membuat orang jadi ngantuk dan ingin tidur. (Ilustrasi/Pexels)
Olahraga dengan intensitas tinggi dapat membuat orang jadi ngantuk dan ingin tidur. (Ilustrasi/Pexels)

3 Kerugian dari Tidur Siang Setelah Olahraga

Rona olah raga
Kumara Anggita • 30 Juni 2020 16:35
Jakarta: Olahraga dengan intensitas tinggi dapat membuat orang jadi ngantuk dan ingin tidur. Ini adalah sesuatu yang normal karena tubuh Anda telah dipaksa bekerja.
 
Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari tidur siang setelah olahraga. Dilansir dari Healthline, keuntungannya antara lain memulihkan otot, mengurangi rasa lelah fisik, dan membuat Anda waspada secara mental. Kendati demikian, ada pula kerugiannya antara lain:

Kualitas tidur yang buruk

Olahraga meningkatkan endorfin dan suhu tubuh Anda. Perubahan yang disebabkan oleh olahraga ini dapat membuat otak dan tubuh Anda tetap terjaga. Itu sebabnya beberapa orang menghindari berolahraga sebelum tidur. Karena itu, bahkan jika Anda ingin tidur siang, mungkin sulit untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas. Mungkin perlu waktu untuk menentukan apakah tidur siang pasca latihan adalah sesuatu yang tepat untuk Anda.

Meningkat rasa grogi

Jika Anda tidur siang yang lama, Anda mungkin memasuki tahap tidur yang lebih dalam. Anda akan merasa pusing dan bingung ketika bangun. Perasaan ini, yang dikenal sebagai inersia tidur, dapat bertahan hingga 30 menit.

Tidur malam hari terganggu

Meskipun tidur siang dapat mengurangi kekurangan tidur yang sebelumnya, hal itu dapat berdampak negatif pada tidur malam hari. Anda mungkin kesulitan tidur nanti malam. Plus, jika Anda memiliki gangguan tidur, tidur siang dapat memperburuk gejala Anda. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda merasakan keinginan untuk tidur siang secara teratur setelah berolahraga. 
 
Itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan jika ingin tidur siang setelah olahrga. Timban-timbanglah apakah hal ini diperlukan atau dapat menganggu Anda. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif