Berbagai penyakit dapat memengaruhi suhu kaki, mulai dari diabetes hingga anemia. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Berbagai penyakit dapat memengaruhi suhu kaki, mulai dari diabetes hingga anemia. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

5 Penyakit Ini Sebabkan Kaki Sering Dingin

Rona kesehatan
Anda Nurlaila • 24 Juni 2019 14:37
Jika sering merasa dingin di bagian kaki, Anda mungkin saja menderita suatu kondisi medis, seperti misalnya anemia. Saat kaki Anda dingin ini berarti tubuh tidak memproduksi sel darah merah yang mencukupi untuk menarik oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh Anda. Gejala anemia lainnya termasuk kelelahan atau kelemahan, sesak napas, detak jantung cepat, kulit pucat, tangan dingin.
 

 
Jakarta: Sering merasakan kaki dingin meski cuaca sedang hangat atau cerah? Mungkin Anda memiliki kondisi medis yang memerlukan perawatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbagai penyakit dapat memengaruhi suhu kaki, mulai dari diabetes hingga anemia. WebMD menulis ada beberapa kondisi medis yang menyebabkan kaki terasa dingin, yaitu:

1. Komplikasi diabetes

Jika menderita diabetes, Anda berisiko mengalami berbagai masalah yang dapat memengaruhi kaki, antara lain: Neuropati perifer, yaitu komplikasi diabetes yang merusak saraf di kaki.
 
Penderitanya merasa kaki terasa dingin walaupun terasa normal saat disentuh. Gejala lainnya adalah sensasi terbakar, membeku, kesemutan, atau menusuk di kaki. Hal lainnya mungkin juga terasa seperti lemah atau mati rasa.
 
Orang yang bukan penderita diabetes dapat mengalami neuropati perifer. Penyebab lainnya antara lain cedera, penyakit autoimun, alkoholisme, kekurangan vitamin, gangguan sumsum tulang, tiroid yang kurang aktif, dan obat-obatan.

Jenis perawatannya:

Tergantung penyebab neuropati perifer, antara lain obat-obatan, stimulasi saraf, dan terapi fisik. Karena saraf di kaki rusak, hati-hati saat menghangatkan kaki. Air yang terlalu panas, botol air panas atau bantal pemanas dapat melukai kaki.
 
Penyakit arteri perifer, yang memperlambat atau menghalangi aliran darah ke kaki akibat sirkulasi buruk. Selain penderita diabetes juga dapat mengalami penyakit ini. Merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan usia semua meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan kondisi tersebut.

Gejala lain dari penyakit arteri perifer meliputi:

1. Luka tidak sembuh
2. Nyeri betis saat berjalan
3. Salah satu kaki terasa lebih dingin daripada yang lainnya. Temui dokter jika mengalaminya.
 
5 Penyakit Ini Sebabkan Kaki Sering Dingin
(Jika menderita diabetes, Anda berisiko mengalami berbagai masalah yang dapat memengaruhi kaki, antara lain: Neuropati perifer, yaitu komplikasi diabetes yang merusak saraf di kaki. Penderitanya merasa kaki terasa dingin walaupun terasa normal saat disentuh. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

2. Hipotiroidisme

Kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher dapat menyebabkan kaki dingin. Kelenjar ini memengaruhi produksi hormon hampir semua organ tubuh, termasuk yang membantu mengubah makanan menjadi energi. Tiroid yang tidak kurang aktif melepaskan hormon lebih sedikit sehingga membuat Anda kedinginan termasuk pada kaki.
 
Hipotiroidisme memengaruhi lebih banyak wanita daripada pria. Gejalanya antara lain kelelahan, berat badan bertambah, kulit kering, sembelit, nyeri otot, suara serak, dan kolesterol tinggi.

3. Raynaud

Raynaud menyebabkan tubuh bereaksi berlebihan sehingga suhunya menurun. Saat suhu turun, jari tangan dan kaki akan terasa mati rasa dan beku. Bahkan berubah warna menjadi putih dan membiru. Saat udara hangat, warna kaki bisa memerah panas menyengat. Cuaca dingin, pendingin udara, dan stres atau kecemasan dapat menyebabkan serangan ini.
 
Pada penderita Raynaud, ada gangguan pada pembuluh darah arteri yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Arteri di tangan dan kaki sempit dan kaku sehingga darah tidak mengalir dengan baik ke jemari tangan, kaki, bahkan hingga hidung, bibir, dan telinga.
 
Raynaud lebih sering terjadi di daerah beriklim dingin dan lebih sering diderita wanita daripada pria. Ada dua jenis Raynaud, yakni Raynaud Primer dengan gejala lebih ringan. Ada pun Raynaud sekunder lebih serius dan menyerang para kelompok lansia.  
 
Sejumlah hal seperti lupus, rheumatoid arthritis, cedera, atau carpal tunnel syndrome dapat menyebabkannya. Obat-obatan, seperti beta-blocker untuk tekanan darah tinggi dan beberapa obat migrain, bisa menyebabkannya juga.

4. Anemia

Kaki dingin yang Anda rasakan bisa jadi pertanda anemia. Ini berarti tubuh tidak memproduksi sel darah merah yang mencukupi untuk menarik oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh Anda. Gejala anemia lainnya termasuk kelelahan atau kelemahan, sesak napas, detak jantung cepat, kulit pucat, tangan dingin.

5. Penyakit Buerger

Penyakit Buerger jarang terjadi, tetapi jika Anda merokok dan kaki kedinginan, kondisi ini mungkin penyebabnya. Penyakit Buerger terkait dengan penggunaan tembakau, yang menyebabkan pembuluh darah di tangan dan kaki membengkak. Hal ini memperlambat aliran darah dan bisa membentuk gumpalan dan menyebabkan infeksi.
 
Jika memiliki penyakit Buerger, tangan dan kaki mungkin terlihat pucat, merah, atau kebiru-biruan, dan mungkin kesemutan atau sakit. Sakit juga dirasakan pada kaki, pergelangan kaki, atau lengkungan kaki Anda saat berjalan. Luka atau bisul dapat muncul pada tangan atau kaki.
 
Penyakit Buerger lebih umum pada pria daripada wanita, dan berusia di bawah 45 tahun. Satu-satunya obat untuk Buerger adalah berhenti menggunakan tembakau sepenuhnya.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif