Berbagai jenis jus murni dapat meningkatkan hidrasi pada kulit yang memang dibutuhkan oleh kulit untuk tetap sehat. (Foto: PIxabay.com)
Berbagai jenis jus murni dapat meningkatkan hidrasi pada kulit yang memang dibutuhkan oleh kulit untuk tetap sehat. (Foto: PIxabay.com)

Benarkah Jus Seledri Dapat Mengatasi Jerawat?

Rona kesehatan kulit
Raka Lestari • 21 Maret 2019 09:23
Dari segi ilmiah, sebenarnya belum ada banyak penelitian mengenai hubungan antara jus seledri dan kondisi medis lainnya. Tapi Amy Gorin, MS, RDN, seorang ahli gizi dan founder Amy Gorin Nutrition yang berbasis di New York mengatakan meminum berbagai jenis jus murni dapat meningkatkan hidrasi pada kulit yang memang dibutuhkan oleh kulit untuk tetap sehat.
 

 
Jakarta:
Jus seledri saat ini dianggap sebagai salah satu superfood yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah manfaat dalam mengatasi jerawat, terutama jerawat yang bersifat hormonal. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada banyak selebritis dan influencer yang membuktikan hal tersebut sehingga banyak orang percaya bahwa mengonsumsi jus seledri bisa benar-benar mengatasi jerawat pada kulit.
 
Dari segi ilmiah, sebenarnya belum ada banyak penelitian mengenai hubungan antara jus seledri dan kondisi medis lainnya. 
 
Amy Gorin, MS, RDN, seorang ahli gizi dan founder Amy Gorin Nutrition yang berbasis di New York mengatakan, "Ada sangat sedikit studi penelitian yang dilakukan pada jus seledri, sehingga kami tidak dapat menarik kesimpulan tentang manfaat kesehatan yang potensial dari jus seledri," katanya kepada Romper.
 
"Informasi yang mengatakan bahwa jus seledri memiliki manfaat selain hal-hal yang mendasar seperti dapat menghidrasi, vitamin, mineral, dan antioksidan, mungkin hanyalah sebatas mitos," tambah Gorin. 
 
(Baca juga: Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan)
 
Benarkah Jus Seledri Dapat Mengatasi Jerawat?
(Seledri mengandung vitamin dan mineral, tetapi juga kalium yang membantu menurunkan tekanan darah, dan serat yang membantu pencernaan ketika Anda mengonsumsinya secara utuh. Foto: Pexels.com)
 
Gorin berpendapat meminum berbagai jenis jus murni dapat meningkatkan hidrasi pada kulit yang memang dibutuhkan oleh kulit untuk tetap sehat.
 
Dan seledri sendiri tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, tetapi juga kalium yang membantu menurunkan tekanan darah, dan serat yang membantu pencernaan ketika Anda mengonsumsinya secara utuh. 
 
"Apakah seledri lebih baik dibandingkan sayuran lain? Sama sekali tidak," ujar Gorin. "Itulah mengapa sebaiknya Anda mengonsumsi sayuran dengan warna beragam karena setiap sayuran memberikan manfaat unik bahkan sampai kandungan antioksidan pun tergantung dari warna sayurannya itu sendiri."
 
Dan jika Anda pensaran ingin mencoba manfaat dari jus seledri ini, Gorin mengatakan bahwa tidak salah dengan mencobanya.
 
Namun bagi Anda yang tidak menyukai rasa seledri tetapi tetap ingin mendapatkan manfaatnya, bisa menggantinya dengan semangkuk buah apel atau buah beri. 
 
Seperti dinukil dari Romper, mengonsumsi lebih banyak buah dapat membantu membersihkan kulit Anda seperti halnya dengan segelas jus hijau.
 
"Penelitian telha mengaitkan asupan buah yang rendah dengan timbulnya jerawat, jadi usahakan mengonsumsi 1,5 cangkir (175 gram) hingga 2 cangkir buah sehari, serta 2 hingga 3 cangkir sayuran sehari," kata Gorin. Dengan kata lain, nasihat yang mengatakan bahwa mengonsumsi makanan yang sehat memang memiliki manfaat kebaikan.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif