Bagaimana cara membedakan pendarahan implantasi dengan menstruasi? Berikut informasinya. (Foto: Jacob Postuma/Unsplash.com)
Bagaimana cara membedakan pendarahan implantasi dengan menstruasi? Berikut informasinya. (Foto: Jacob Postuma/Unsplash.com)

Cara Membedakan Pendarahan Implantasi dengan Menstruasi

Rona kesehatan kehamilan
12 Desember 2018 16:01
Jakarta: Banyak wanita yang bingung membedakan pendarahan implantasi (tanda awal kehamilan) dengan menstruasi. Mengapa bisa seperti itu? Karena keduanya memiliki gejala yang hampir sama, yaitu dengan munculnya flek atau bercak darah.

Yang perlu Anda ketahui pendarahan implantasi merupakan flek yang terjadi saat menempelnya embrio pada dinding rahim atau uterus. Pendarahan implantasi juga dapat membingungkan terhadap perkiraan tanggal kelahiran Anda sebab munculnya hampir sama dengan periode menstruasi, dilansir dari Motherandbaby.

Pendarahan implantasi ini umumnya terjadi sekitar 8-10 hari setelah terjadi ovulasi (pembuahan) atau sedikit lebih awal ketimbang datangnya waktu menstruasi. Ini merupakan kejadian normal pada wanita hamil, namun banyak wanita sama sekali tidak menyadarinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Agar Anda tidak bingung membedakan keduanya, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membatu mengetahui apa yang sedang dialami.
(Yang perlu Anda ketahui pendarahan implantasi merupakan flek yang terjadi saat menempelnya embrio pada dinding rahim atau uterus. Pendarahan implantasi juga dapat membingungkan terhadap perkiraan tanggal kelahiran Anda sebab munculnya hampir sama dengan periode menstruasi. Foto: Ilustrasi. Dok. Richard Jaimes/Unsplash.com)

(Baca juga: Kate Middleton Atasi Mual Kehamilan dengan Biskuit)

1. Periksa darahnya
Pertama-tama, pendarahan implantasi biasanya akan terlihat lebih gelap dari darah menstruasi dikarenakan darah memerlukan waktu ekstra untuk melakukan perjalanan melalui vagina. Pendarahannya sangat ringan dan berlangsung tidak lebih dari 1 hari.

Dibandingkan dengan menstruasi biasanya menghasilkan darah merah segar yang berlangsung beberapa hari atau lebih.

2. Lama waktu pendarahan
Pendarahan implantasi terjadi dari 6-12 setelah pembuahan. Cara termudah untuk mengetahuinya itu dengan menunggu beberapa hari dan kemudian mengambil tes kehamilan di rumah.

3. Keluhan gejala lainnya
Salah satu gejala Anda hamil yang mudah dikenali adalah morning sickness (perasaan mual di pagi hari). Kemudian sensitivitas di payudara Anda mengalami nyeri. Dan sangat berbeda sekali jika sedang menstruasi, Anda tidak sama sekali merasakan sakit nyeri dibagian payudara dan tidak merasakan mual.

Maria Fransiska




(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi