Ajaklah anak Anda untuk melakukan peregangan, agar dewasa kelak ia tak rentan cedera. (Foto Ilustrasi: Pexels)
Ajaklah anak Anda untuk melakukan peregangan, agar dewasa kelak ia tak rentan cedera. (Foto Ilustrasi: Pexels)

Apa yang Terjadi ketika Anak tak Melakukan Latihan Fleksibilitas

Rona tips berolahraga tumbuh kembang anak
Kumara Anggita • 24 April 2020 12:41
Jakarta: Latihan fleksibilitas perlu juga untuk dilakukan, selain latihan kardio dan juga latihan otot. Latihan ini baik untuk anak-anak karena manfaatnya berpengaruh pada proses pertumbuhannya.
 
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Zeth Boroh, Sp.KO menjelaskan bahwa pentingnya melakukan latihan fleksibilitas. Seperti melakukan stretching atau peregangan untuk anak-anak.
 
Jika tidak melakukan peregangan, maka dapat menyebabkan pertumbuhan anak jadi tidak optimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Akan terjadi kekakuan pada sendi pada saat dewasa nanti. Jadi otomatis akan memengaruhi aktivitas dia, gampang terjadi cedera di kemudian hari. Bukan hanya pada sendi, tapi otot juga. Jadi efeknya cukup banyak kalau tidak dilakukan dari sekarang,” ungkapnya dalam acara Media Talkshow Obline Peluncuran Aktivitas #BerjemurAsyik.
 
Untungnya, masalah kelenturan ini untungnya bisa diatasi, bahkan ketika seseorang sudah dewasa. Anda hanya perlu untuk melakukan stretching setiap hari.
 
“Biasanya pada orang dewasa yang cedera karena fleksibilitasnya kurang, ini bisa dilatih lagi sebenarnya untuk memperbaiki fleksibilitas. Ini dilatih setiap hari. Bisa dilakukan pagi, sore atau malam hari,” jelasnya.

Dynamic Stretching

Dokter. Zeth menyebutkan bahwa dynamic stretching adalah stretching yang paling memberikan hasil optimal karena tubuh Anda bergerak.
 
“Ini adalah pemanasan dengan intensitas sedang yang berfokus pada fleksibilatas tubuh anak,” ungkapnya.
 
Latihan ini menggerakkan sendir leher, bahu, tangan, pinggang, dan sendi pada kaki. Jenis latihan untuk dynamic stretching adalah latihan peregangan untuk sendi leher, latihan perenggangan untuk sendi siku dan pergelangan tangan, latihan perenggangan untuk sendi bahu, latihan perenggangan untuk sendi pinggang, dan sendi lutut.

Static stretching

Menurut dr. Zeth, Static stretching merupakan peregangan yang simpe. Sebab dilakukan hanya berdiam di tempat Anda berpijak.

PNF

Dan terakhir ada PNF yang membutuhkan bantuan profesional. PNF ini sebenarnya sejenis stretching yang harus ada yang bantu.
 
"Ini biasanya diberikan kepada orang-orang yang lebih profesional,” ujarnya.
 
Jadi jangan lupa untuk menambahkan latihan fleksibilitas dalam aktivitas fisik harian anak. Mengingat anak bisa jadi lebih lentur dan terjauh dari cedera.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif