Dr Jennifer Trachtenberg mengatakan ada beberapa hal mengapa si kecil susah tidur siang. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Dr Jennifer Trachtenberg mengatakan ada beberapa hal mengapa si kecil susah tidur siang. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

Penyebab Anak Sulit untuk Tidur Siang

Rona perkembangan anak
Raka Lestari • 10 Juni 2019 15:58
Dr Jennifer Trachtenberg, seorang dokter anak mengatakan tidur siang merupakan hal yang penting bagi anak-anak. Beberapa anak atau balita dapat lebih mudah tertidur ketika mereka memegang atau memeluk sesuatu. Ia memberikan tips jika bayi Anda sudah agak lebih besar, menggunakan boneka atau mainan juga bisa membantu.
 

 
Jakarta:
Menjadi orang tua harus siap dengan segala tantangan yang dialami. Salah satu keluhan yang sering dialami oleh para orang tua adalah kesulitan saat menidurkan anak-anak. Hal ini menjadi salah satu tantangan orang tua, karena tidur siang merupakan salah satu kebutuhan bagi anak-anak dan balita.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dr Jennifer Trachtenberg, seorang dokter anak mengatakan kepada Romper beberapa alasan mengapa anak-anak dan bayi mengalami kendala dalam menidurkan anak-anak mereka di siang hari.

Alasan anak sulit tidur siang

Dr Jennifer Trachtenberg mengatakan ada beberapa hal mengapa si kecil susah tidur siang:
 
1. Anak terlalu terstimulasi.
2. Anak terlalu lelah sehingga kesulitan untuk tidur siang.
3. Mereka belum mengantuk jika Anda mencoba menidurkan mereka terlalu cepat.
 
Dr  TrachtenbergIa memberikan beberapa saran bagi orang tua yang kesulitan menghadapi anak-anak mereka untuk tidur siang.
 
Penyebab Anak Sulit untuk Tidur Siang
(Dr Jennifer Trachtenberg, seorang dokter anak mengatakan tidur siang merupakan hal yang penting bagi anak-anak. Beberapa anak atau balita dapat lebih mudah tertidur ketika mereka memegang atau memeluk sesuatu. Foto: Pexels.com)

1. Menciptakan suasana tenang

"Menciptakan suasana yang tenang dapat membantu anak-anak tidur cepat, atau mungkin dengan menenangkan anak-anak terlebih dahulu. Atau bisa juga dengan memberi anak-anak makanan ringan sebelum tidur."

2. Memegang boneka atau guling kesayangan si kecil

Beberapa anak atau balita dapat lebih mudah tertidur ketika mereka memegang atau memeluk sesuatu. "Jika bayi Anda sudah agak lebih besar, menggunakan boneka atau mainan juga bisa membantu," tambah Dr Jen.

Pentingnya tidur siang bagi si kecil

"Tidur siang itu penting karena anak-anak perlu banyak tidur untuk tumbuh dan berkembang, serta untuk mengatur suasana hati. Bayi yang kelelahan bisa sangat rewel dan mudah marah," tambahnya.
 
Dr Jen juga mengatakan bahwa meskipun tidur siang merupakan hal yang penting bagi anak-anak, namun itu semua kembali lagi pada anak-anak itu sendiri. "Setiap anak berbeda. Beberapa anak membutuhkan sedikit lebih banyak waktu sedangkan yang lain tidak."
 
Anda biasanya dapat mengetahui apakah anak Anda masih membutuhkan tidur siang berdasarkan suasana hati mereka. Mereka akan lebih mudah marah dan rewel jika tidak memiliki waktu tidur siang yang cukup.
 
Untuk itu, Anda perlu memahami mereka dan usahakan mengatur jadwal tidur siang mereka secara rutin. Meskipun tidak ada aturan waktu tertentu mengenai berapa lama anak-anak tidur siang, menurut Dr Jen sekitar 20 menit merupakan waktu yang ideal untuk anak-anak tidur siang.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif