Ada sejumlah masalah yang kerap terjadi pada perempuan. Berikut ini informasi dan cara menanggulanginya. (Foto: Pexels.com)
Ada sejumlah masalah yang kerap terjadi pada perempuan. Berikut ini informasi dan cara menanggulanginya. (Foto: Pexels.com)

Perawatan Kulit dan Rambut untuk Perempuan

Rona gaya kesehatan kulit
Sunnaholomi Halakrispen • 01 November 2019 14:52
Jakarta: Ada banyak produk untuk perawatan kulit dan rambut. Tetapi, jika tidak sesuai dengan kondisi diri, bukan merawat namun malah memperburuk kondisi kesehatan kulit dan rambut.
 
Kondisi buruk rambut dan kulit memang tidak baik jika dibiarkan. Ada sejumlah masalah yang kerap terjadi pada perempuan. Berikut juga solusi terbaik yang bisa dilakukaan.

1. Munculnya jerawat

Rambut yang berantakan dan jerawat yang muncul berbarengan merupakan salah satu kondisi yang akan ditolak para perempuan. Jika hal ini terjadi, cuci dengan pembersih lembut dan gunakan benzoil peroksida atau krim asam salisilat.
 
Oleskan minyak noncomedogenic tipis-tipis. Tindakan ini tidak akan menghalangi pori-pori Anda dan menyebabkan lebih banyak erupsi.

2. Kulit mengelupas

Anda bermaksud berjemur untuk mendapatkan warna coklat pada kulit. Tetapi, yang terjadi malah kulit Anda terbakar. Semakin merah dan kemudian mengelupas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Solusinya, gunakan pelembap yang mengandung lidah buaya. Bahan ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan membuat kulit yang mengelupas menjadi kurang terlihat.
 
Kulit mengelupas umumnya berlangsung hanya selama beberapa hari, karena tubuh Anda menghilangkan kulit yang rusak. Demi kesehatan kulit Anda dan untuk menghindari terbakar, pakailah tabir surya.
 
Sebaiknya, pakai tabir surya dengan SPF minimal 30 ketika Anda pergi ke luar ruangan. Pastikan untuk menggunakannya kembali setiap dua jam saat berada di bawah sinar matahari langsung.
 
Perawatan Kulit dan Rambut untuk Perempuan
(Bagi Anda dengan kulit berminyak, cucilah wajah dengan pembersih lembut setiap hari. Untuk mengontrol sifat berminyak, gunakan pelembap bebas minyak dan riasan berbahan dasar air berlabel noncomedogenic. Foto: Pexels.com)

3. Lengan berbulu

Lengan Anda terlihat seperti karpet bulu saking banyaknya rambut halus di sekitar lengan Anda. Kondisi ini dapat membuat tidak nyaman, apalagi ketika Anda ingin mengenakan baju tanpa lengan.
 
Jika Anda masih ingin mengambil tindakan untuk menghilangkan bulu-bulu halus itu, cobalah obat penghilang rambut. Sebaiknya, segera tanyakan kepada dokter, jenis apa yang terbaik untuk Anda. Gunakan pelembap sesudah mengenakan obat penghilang rambut, untuk mencegah iritasi.

4. Wajah berbintik

Bintik-bintik yang menghiasi hidung Anda membuat Anda terlihat sangat lucu, seperti anak kecil. Namun, tidak semua orang suka memilikinya. Apalagi, ketika bintik-bintik itu meluas di seluruh area wajah.
 
Solusi untuk mencegah bintik lebih gelap dan muculnya bintik baru ialah selalu kenakan tabir surya di wajah Anda. Untuk perbaikan yang cepat dan mudah, cobalah concealer.
 
Jika bintik itu benar-benar mengganggu Anda, segera gunakan krim wajah dengan brighteners alami, seperti mulberry atau vitamin C. Apabila ragu menggunakan produk yang dijual di pasaran, konsultasikan ke dokter spesiali kulit dan gunakan obat yang diberikan.

5. Kulit berminyak

Kulit Anda sangat mengilap, seolah-olah Anda melapisinya dengan baby oil. Mungkin kondisi ini tidak Anda sukai.
 
Solusinya, jangan menggosok kulit Anda. Sebab, itu hanya akan menyebabkan lebih banyak produksi minyak dan menjadikan wajah berjerawat.
 
Cucilah dengan pembersih lembut setiap hari. Untuk mengontrol sifat berminyak, gunakan pelembap bebas minyak dan riasan berbahan dasar air berlabel noncomedogenic.
 
Produk tersebut berarti tidak akan menyumbat pori-pori. Selain itu, Anda dapat menggunakan kertas blotting (kertas untuk menyerap minyak) untuk membersihkan kulit dari minyak berlebih.
 
Konsultasikan ke dokter spesialis kulit jika Anda merasa gejala tidak membaik. Beberapa rumah sakit terdapat dokter spesialis kulit dan kelamin antara lain di Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Royal Taruma, RSCM - Kencana.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif