Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

Kapan Harus Membawa Anak ke Dokter Gigi?

Rona kesehatan gigi dan mulut tumbuh kembang anak
Timi Trieska Dara • 11 September 2020 07:05
Jakarta: Menjaga kesehatan gigi dan mulut penting ditanamkan sejak dini. Salah satu anjuran penting adalah mengunjungi dokter gigi enam bulan sekali.
 
Selain mencegah sakit gigi, rutin ke dokter gigi juga untuk mengatasi plak pada gigi dan gangguan kesehatan mulut lainnya. Lantas, kapan orang tua harus mulai membawa anak mereka ke dokter gigi?
 
Dilansir Parents, idealnya, anak Anda harus pergi ke dokter gigi sebelum ulang tahun pertamanya. Namun, tidak masalah untuk menunggu sampai usia anak 2 atau 3 tahun guna memeriksa kesehatan gigi dan mulut mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menundanya lebih lama dari itu, meningkatkan risiko anak Anda untuk berurusan dengan penumpukan plak atau gigi berlubang di kunjungan pertamanya. Beberapa orang tua berasumsi bahwa gigi susu pada akhirnya akan rontok, tidak ada guna merawatnya, ini adalah kesalahan besar.
 
Meskipun Anda tidak dapat melihatnya, gigi permanen anak Anda berkembang di bawah gigi primernya. Penting untuk memeriksakan diri ke dokter gigi untuk memastikan bahwa semua yang ada di mulut anak Anda berkembang secara normal.
 
Anda tentunya dapat membawa anak Anda ke dokter gigi Anda (jika dokter merawat gigi anak-anak). Tetapi dokter gigi anak seringkali merupakan pilihan yang lebih baik, terutama bagi anak-anak kecil yang mungkin merasa takut.
 
Para dokter ini telah menjalani pelatihan tambahan dalam merawat anak-anak dan sering kali memiliki ruang kerja yang sangat ramah anak. Seperti halnya dokter anak Anda dengan mainan, video game, atau hadiah di akhir setiap kunjungan untuk membuat anak-anak ingin terus kembali.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif