Apa artinya jika Anda cepat tertidur? Simak informasinya berikut ini. (Foto: Pexels.com)
Apa artinya jika Anda cepat tertidur? Simak informasinya berikut ini. (Foto: Pexels.com)

Ini Artinya Jika Anda Cepat Tertidur

Rona gaya tidur
Medcom • 23 Oktober 2019 17:53
Jakarta: Tidur di malam hari setelah melewati hari yang panjang dan kacau terasa seperti surga. Bayangkan jika Anda mendarat di tempat tidur, menarik selimut ke atas kepala dan dalam sekejap Anda tertidur nyenyak.
 
Apa yang Anda pikirkan ketika membayangkannya? Hampir semua orang mengalami situasi semacam itu di beberapa titik dalam hidupnya. Mungkin Anda menganggapnya sebagai tanda tidur yang sempurna.
 
Mengutip dari Timesofindia, sebenarnya peristiwa cepat tertidur di malam hari tak selalu berarti tidur yang sempurna. Bila Anda mendapati hal serupa, mungkin inilah beberapa alasannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat tidur akan ada jumlah waktu yang digunakan seseorang untuk beralih dari sepenuhnya bangun menjadi tidur, hal ini disebut sleep onset latency.
 
Waktu yang digunakan setiap orang berbeda-beda tergantung pada beberapa hal, namun yang paling umum adalah kelelahan.
 
Sama halnya seperti tidur nyenyak di hari kerja dan sulit menutup mata di akhir pekan. Jika merasa sangat lelah, Anda mungkin tertidur dengan cepat, tetapi jika Anda melewati hari yang menenangkan, mungkin butuh waktu untuk tidur.
 
Tapi ini tidak selalu terjadi, kadang-kadang Anda mungkin sangat lelah dan masih terus berputar putar di tempat tidur, ini bisa terjadi karena insomnia dan masalah lainnya.
 
Ini Artinya Jika Anda Cepat Tertidur
(Saat tidur akan ada jumlah waktu yang digunakan seseorang untuk beralih dari sepenuhnya bangun menjadi tidur, hal ini disebut sleep onset latency. Foto: Pexels.com)
 
Orang yang tertidur dengan cepat biasanya tidak ingat persis apa yang terjadi beberapa menit sebelum mereka tertidur, bahkan sebagian orang tidak dapat mengingatnya sama sekali. Ini dikenal sebagai amnesia mesograde.
 
Menurut beberapa peneliti, amnesia mesograde adalah hasil dari poros tidur atau semburan aktivitas di hippocampus otak Anda selama masa transisi dari terjaga ke tidur.
 
Secara umum, seseorang membutuhkan waktu 15-20 menit untuk bisa nyenyak setelah tertidur. Jika dibutuhkan lebih dari waktu ini, mungkin Anda menderita insomnia.
 
Jika Anda tidur selama enam jam dan tertidur dengan kecepatan secepat kilat di malam hari, itu berarti tubuh Anda menginginkan lebih banyak tidur.
 
Tidak hanya di malam hari, jika kebiasaan tidur cepat Anda meluas ke siang hari maka itu bisa menjadi pertanda Anda mengalami apnea tidur dan narkolepsi. Ini juga bisa disebabkan oleh depresi.
 
Namun Anda tak perlu khawatir, cepat pulas tidak selalu berarti ada yang salah dengan tubuh Anda. Tetapi jika Anda ingin memastikan, maka tidurlah lagi dan lihat apakah ada perubahan? Jika Anda memiliki masalah lain seperti sering mengantuk di siang hari atau mendengkur, mungkin Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.
 

Sandra Odilifia
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif