Suatu hal besar yang orang mungkin tidak Anda sadari adalah terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan sembelit (Foto Ilustrasi: MI/Rommy Pujianto)
Suatu hal besar yang orang mungkin tidak Anda sadari adalah terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan sembelit (Foto Ilustrasi: MI/Rommy Pujianto)

Hal-hal yang Bisa Menyebabkan Konstipasi

Rona konstipasi
Raka Lestari • 14 Mei 2019 17:00
Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah gangguan pada sistem pencernaan di mana seseorang mengalami pengerasan tinja yang berlebihan. Sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya.
 
 
Jakarta: Sembelit atau konstipasi merupakan sesuatu yang sangat menyebalkan. Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa kurang gerak dapat menyebabkan konstipasi.
 
Tapi yang sangat penting, perlu Anda ingat bahwa salah satu faktor penyebab terjadinya konstipasi adalah stres yang berlebihan. Dikutip dari Bustle, berikut ini adalah beberapa hal-hal yang bisa menyebabkan Anda mengalami konstipasi:

-Kopi berlebihan

"Suatu hal besar yang orang mungkin tidak Anda sadari adalah terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan sembelit," kata Leah McCullough, penulis dan pakar kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komentar tersebut kedengarannya berlawanan dengan intuisi. Sebab ketika minum satu atau dua cangkir kopi sehari, itu bisa membantu pergerakan usus. Tetapi mengonsumsi lebih dari itu justru bisa menyebabkan sembelit.

-Terlalu banyak mengonsumsi serat

"Manusia memang membutuhkan serat dalam makanannya, tetapi terlalu banyak serat dapat membuat feses menjadi terlalu besar dan mengganggu usus Anda," kata McCullough.
 
Usus akan terasa sangat penuh untuk memberikan sinyal buang air besar. Hal ini akan menyebabkan konstipasi, wasir, dan bahkan iritasi jika feses berbentuk sangat besar.

-Duduk terlalu lama

Amanda Sterczyk, seorang trainer, memberi tahu bahwa tidak cukup aktif secara fisik atau bergerak sepanjang hari dapat menyebabkan konstipasi. Untuk itu, bangun dan melakukan gerakan-gerakan kecil dapat membantu mengatasi konstipasi.
 
"Ketika kita duduk terlalu lama, tubuh Anda menjadi lamban termasuk saluran pencernaan kita," katanya.

-Es krim

Ahli diet Colleen Christensen mengatakan, es krim adalah penyebab utama terjadinya masalah pada makanan. Mengonsumsi probiotik atau mencoba es krim vegan, mungkin bisa menjadi solusi dalam hal ini.
 
"Salah satu alasannya adalah Anda menjadi peka terhadap protein yang ditemukan dalam susu sapi. Alasan lain es krim dapat menyebabkan sembelit adalah karena es krim merupakan makanan rendah serat," terang Christensen.

-Tidak mengonsumsi air yang cukup

"Air sangat penting untuk hampir semua proses tubuh, termasuk usus yang sehat," kata Caleb Backe dari Maple Holistics.
 
Ketika Anda mengalami dehidrasi, usus Anda tidak dapat berfungsi secara optimal, dan makanan tidak melewati saluran pencernaan dengan mudah. Pastikan Anda minum cukup air untuk mendapatkan usus yang sehat.
 
Gaya Hidup 'Zaman Now': Kerja Sambil Ngopi

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif