Awali makanan dengan sayuran yang memiliki rasa pahit seperti kale, kangkung, bayam dengan perasan jus lemon untuk merangsang cairan pencernaan. (Foto: Pexels.com)
Awali makanan dengan sayuran yang memiliki rasa pahit seperti kale, kangkung, bayam dengan perasan jus lemon untuk merangsang cairan pencernaan. (Foto: Pexels.com)

Empat Cara Mudah Menjaga Kesehatan Perut

Rona kesehatan pencernaan
Torie Natalova • 26 Februari 2019 12:43
Menjaga kesehatan perut Anda bisa dengan mengonsumsi makanan pedas alami seperti jahe, biji adas atau mencoba makanan pahit. Contohnya asupan yang baik untuk kesehatan perut Anda yaitu kale, bayam, dan tentu saja minum air yang cukup.
 

Jakarta:
Perut dan bagian lebih dalam yakni usus sangat penting untuk kelangsungan hidup Anda. Namun, hampir semua orang memiliki masalah dengan bagian perutnya.
 
Perut kembung, sembelit atau kram, adalah beberapa masalah yang dialami oleh hampir setiap orang. Ada empat cara yang dapat dilakukan untuk kesehatan perut Anda setiap hari seperti dilansir dari Netdoctor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Makanan pahit
 
Enzim pencernaan sangat penting untuk pemecahan dan penyerapan makanan. Makanan pahit dan asam secara alami merangsang cairan pencernaan. Awali makanan dengan sayuran yang memiliki rasa pahit seperti kale, kangkung, bayam dengan perasan jus lemon.
 
Anda bisa juga minum segelas air dengan perasan 1/2 lemon atau 1/2 sendok makan cuka sari apel sekitar setengah jam sebelum makan. Ini untuk membuat cairan pencernaan Anda mengalir.
 
(Baca juga: 4 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan)
 
Empat Cara Mudah Menjaga Kesehatan Perut
(Air sangat penting untuk menjaga segalanya mengalir melalui sistem pencernaan. Jika Anda tidak mendapatkan air yang cukup, tubuh menambah tingkat hidrasi dengan menarik air dari tinja, membuatnya sulit untuk dikeluarkan sehingga terjadilah sembelit. Foto: Pexels.com)
 
2. Makanan pedas
 
Jahe adalah obat tradisional terbaik untuk gangguan pencernaan. Jahe dapat meredakan sakit perut, membantu meredakan kram pencernaan, mual dan kembung.
 
Anda bisa membuat teh jahe dengan memakai satu ruas jahe seukuran ibu jari, iris dan rendam dalam air panas dengan tambahan irisan lemon selama lima menit.
 
Biji adas juga dapat membantu pencernaan dan telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan Cina dan India.
 
Biji adas dapat membantu mengendurkan otot polos di saluran pencernaan dan membantu mengatasi kram dan kembung. Ini tentu saja baik dalam menjaga kesehatan perut Anda.
 
3. Bergerak
Jika Anda lamban, pencernaan Anda juga akan bergerak lambat. Olahraga teratur membantu motilitas (kemampuan suatu organisme untuk bergerak) usus dengan merangsang kontraksi alami otot-otot usus, membantu memindahkan makanan melalui sistem pencernaan yang lebih berirama. 
 
4. Tetap terhidrasi
Air sangat penting untuk menjaga segalanya mengalir melalui sistem pencernaan. Jika Anda tidak mendapatkan air yang cukup, tubuh menambah tingkat hidrasi dengan menarik air dari tinja, membuatnya sulit untuk dikeluarkan sehingga terjadilah sembelit. 
 
Air juga diperlukan untuk menghasilkan cairan pencernaan untuk memecah makanan. Tanpa cairan ini, berbagai masalah pencernaan dapat terjadi mulai dari gas di perut, kembung hingga mual.
 
Jadi menjaga kesehatan perut Anda bisa berasal dari bahan yang ada di dapur Anda juga dengan aktif bergerak.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif