Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memotong kuku. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memotong kuku. (Foto: Pexels.com)

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memotong Kuku

Rona kesehatan
Raka Lestari • 25 Maret 2019 13:44
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memotong kuku. Salah satunya adalah merendam kuku sebelum memotongnya, menjaga kebersihan alat pemotong kuku, serta mengikir kuku searah. Hal kecil yang Anda lakukan pada kuku dan kutikula Anda bisa memengaruhi kesehatan serta kekuatan kuku Anda.
 

 
Jakarta:
Memotong kuku adalah salah satu kegiatan yang harus rutin dilakukan. Hal ini penting karena jika Anda tidak memotong kuku secara rutin maka kemungkinan adanya bakteri yang terdapat pada kuku Anda bisa masuk ke dalam tubuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun dalam memotong kuku pun harus ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya saja pada bagian kutikula. Banyak orang yang ketika melakukan perawatan justru memotong bagian kutikula.
 
Padahal menurut American Academy of Dermatology, itu adalah salah satu yang terbesar dalam perawatan kuku. Pemangkasan kutikula dapat mempermudah bakteri jahat untuk masuk ke akar kuku, dan itu dapat menyebabkan infeksi.
 
Dikutip dari RD, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memotong kuku.
 
(Baca juga: Mengenal Jenis Nail Art)
 
Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memotong Kuku
(Jangan lupa untuk memakai pelembap tangan dan kuku Anda agar kuku Anda tetap kuat. Foto: Pexels.com)

1. Merendam kuku terlebih dahulu

Cara Anda memulai dan mengakhiri proses perawatan kuku adalah hal yang penting. Sebelum memotong kuku Anda, pastikan untuk merendamnya dalam air hangat untuk membuatnya lebih lentur dan mudah dipotong.

2. Saat memotong kuku

Kuku harus dipotong secara benar. Di beberapa bagian, potongan kuku yang sedikit melengkung atau tidak rata mungkin tidak menyebabkan masalah tetapi jika potongan yang tidak rapi tersebut ada pada kuku kaki Anda maka hal itu dapat menyebabkan kuku kaki yang tumbuh ke dalam.
 
Selain itu, ada beberapa orang yang juga lebih menyukai kuku panjang padahal itu merupakan pilihan yang tidak sehat. Dokter kulit Shari Lipner, MD, PhD, mengatakan, "Kuku pendek tetap lebih bersih dan lebih jarang patah, yang baik untuk penampilan dan kesehatan Anda "

3. Jaga alat kuku Anda tetap bersih

Salah satu kesalahan lain yang sering dilakukan banyak orang adalah tidak meluangkan waktu untuk membersihkan alat-alat perawatan kuku mereka. American Academy of Dermatology menyarankan agar alat yang Anda gunakan pada kuku Anda harus disterilkan setiap bulan dengan campuran air dan alkohol.

4. Mengikir kuku

Saat mengikir kuku Anda, pastikan Anda melakukannya secara searah, jangan bolak-balik. Ini akan membuat ujung kuku Anda rata dan halus. Meskipun hal ini terlihat seperti sesuatu yang sepele dan tidak penting tetapi sebenarnya itu dapat memengaruhi kekuatan kuku Anda. Saat Anda telah selesai, gunakan pelembap tangan dan kuku Anda agar kuku Anda tetap kuat.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif