Ketajaman pengelihatan bayi akan berlaku normal di angka 20/20 ketika berumur 3- 5 tahun--Pexelsls
Ketajaman pengelihatan bayi akan berlaku normal di angka 20/20 ketika berumur 3- 5 tahun--Pexelsls

Tahap Perkembangan Pengelihatan Bayi

Rona bayi
Dhaifurrakhman Abas • 19 Juni 2019 20:23
Ada berbagai tahapan hingga pengeliatan bayi sempurna. Pengeliatan bayi baru bisa membantu mengenali orang yang dia lihat dengan baik ketika berusia 11-12 bulan.
 

Jakarta: Saat pertama kali dilahirkan, saat itu pula perkembangan mata bayi mulai berjalan. Mulanya, bayi tidak serta merta langsung bisa melihat secara jelas laiknya orang dewasa.
 
Bahkan dalam beberapa minggu pertama kelahirannya, bayi masih belum bisa membedakan warna. Mereka hanya mampu membedakan warna hitam dan putih dengan nuansa kelabu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karena itu, bayi suka melihat warna kontras dalam pola geometris. Akan tetapi, bayi Anda akan mengembangkan penglihatan warnanya sekitar 4 bulan berikutnya.
 
Adapun ketajaman pengelihatan bayi seminggu setelah dilahirkan masih berkisar 20/400. Ketajaman pengelihatan bayi akan berlaku normal di angka 20/20 ketika berumur 3- 5 tahun. Untuk lebih jelas mengenai perkembangan pengelihatan bayi, simak penjelasan berikut ini, dilansir Parents.
 
1-4 Minggu
 
Sementara itu, pada minggu awal kelahirannya, bayi hanya bisa melihat objek berjarak 8-12 inci dari wajah mereka. Kalau diperkirakan, ini merupakan jarak antara posisi menyusui bayi dengan wajah ibu. Saat itu, pandangan bayi terhadap objeknya hanya bisa bertahan beberapa detik saja.
 
Memasuki minggu ke dua, bayi mulai mengembangkan pengelihatan ke dalam tahap pengenalan. Pada tahapan rekognisi ini bayi mulai bisa fokus dengan gerakan senyuman yang Anda berikan untuk mereka. Mereka juga sudah bisa menahan panadangannya lebih lama. Meski begitu, jarak pandang mereka masih sekitar 8-12 inci.
 
Ketika memasuki usia tiga minggu, pengelihatan bayi mulai memasuki menatap dan memandangi. Rentang pandangan bayi sudah mencapai 10 detik lebih. Namun jarak pandang bayi masih tidak berubah sekitar 8-12 inci.
 
Anda bisa secara menerus mendotong perkembangan visual mereka dengan berbicara dan membuat ekspresi wajah lucu atau tersenyum dekat dengannya. Anda juga bisa menggunanakn mainan untuk memancing perkembangan pengelihatan bayi.
 
Memasuki minggu ke empat, bayi sudah bisa memandang objek yang ada di sekeliling mereka. Namun bayi belum bisa memutar bola mata mereka dengan sempurna hingga berumur 2-4 bulan berikutnya. Biasanya bayi akan menggerekan seluruh kepalanya mengikuti posisi benda di sebelah kanan, kiri ataupun tengah.
 
Tahap Perkembangan Pengelihatan Bayi
Ketajaman pengelihatan bayi akan berlaku normal di angka 20/20 ketika berumur 3- 5 tahun--Pexelsls
 
1-12 bulan
 
Memasuki usia satu bulan, bayi sudah bisa menggerakkan mata dan kepala ke arah sumber cahaya. Pengelihatan bayi juga sudah dalam tahap melacak objek secara horizontal melintasi garis tengah wajah.
 
Pengelihatan bayi terus berkembang pada umur 2 hingga 3 Bulan. Pandangan bayi sudah bisa menatapi objek yang  vertikal dan melingkar serta sudah mampu menggerakan bola matanya secara independen, tanpa harus menggerakan kepala.
 
Bayi juga sudah bisa mengenali wajah orang yang mereka lihat, tertarik dengan tangan dan kaki serta mulai terganggu dengan suatu objek. Selain itu, bayi juga sudah bisa menatap objek lebih lama dan lebih sensitif terhadap cahaya.
 
Memasuki usia tiga hingga enam bulan, bayi sudah mulai penasaran dengan objek mainan yang jatuh dan berguling. Mereka juga sudah mulai sempurna dalam memindahkan pandangan mata dari kiri ke kanan. Selain itu, bayi mulai memperluas lingkup visual secara bertahap, memusatkan perhatian hampir di seberang ruangan serta gamar melihat refleksi.
 
Sementara itu, saat berusia tujuh sampai sepuluh bulan, bayi mulai menunjukkan minat pada gambar. Mereka juga sudah mengenali objek yang sebagian posisinya tersembunyi. Koordinasi tangan dan mata bayi semakin membaik ketika mereka mulai belajar merangkak.
 
Adapun ketika berusia 11-12 bulan, bayi sudah bisa memandang objek melalui jendela. Pandangan mereka sudah bisa membantu mengenali orang yang dia lihat dengan baik. Saat itu pula, bayi biasanya mulai menunjukkan minat visual dari objek yang mereka pandangi.
 
Anjuran
 
Anda disarankan mengunjungi Dokter anak untuk memeriksa  =perkembangan penglihatan buah hati Anda. Biasanya, Anda dianjurkan melakukan pemeriksaan ketika mereka memasuki usia enam bulan.
 
Tetapi jika Anda merasakan ada kejanggalan, jangan takut untuk mengunjungi dokter bahkan sebelum bayi Anda berusia enam bulan.
 
Tanyakan kepada dokter tentang status mata anak Anda. Jangan sungkan tanyakan apapun yang menurut Anda mengganjal di benak, meskipun dokter menerangkan bahwa kondisi pengelihatan bayi Anda nomal.
 
Selain itu, Anda diharapkan mengetahui beberapa masalah pengelihatan anak. David Coats, dokter spesialis mata anak dan koresponden klinis American Academy of Ophthalmology ini mengatakan jika mata bayi menunjukkan posisi juling dalam jangka waktu yang lama bisa menjadi masalah.
 
Dia juga bilang, Anda harus mewaspadai jika bayi Anda selalu memiringkan kepalanya hanya pada satu arah, ketika melihat suatu objek.  Katanya, ini bisa menjadi pertanda bahwa perkembangan mata anak Anda pada satu sisi berkembang lebih cepat ketimbang satu mata lainnya.
 
Anda juga harus mengetahui apabila ada robekan yang berlebihan pada mata, memiliki riwayat masalah mata pada keluarga dan mata bayi yang terus bergetar. Selain itu, Coats juga menyarankan Anda segera mengunjungi dokter ketika mara anak Anda melotot, nyeri mata, gatal, atau iritasi mata yang persisten.
 
“Kemudian kemerahan yang terus-menerus di mata, kelopak mata terkulai, sensitivitas ekstrim terhadap cahaya serta pupil yang berwarna abu-abu, putih, atau warna kuning,” tandasnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif