Lima Persiapan Sebelum Lari Marathon untuk Pertama Kalinya

Raka Lestari 16 September 2018 11:16 WIB
tips berolahraga
Lima Persiapan Sebelum Lari Marathon untuk Pertama Kalinya
(Foto: Daily Express)
Jakarta: Lari marathon bukanlah olahraga ringan sehingga bagi Anda yang akan melakukannya, harus melakukan berbagai persiapan seperti latihan dan pemeriksaan kesehatan. Apalagi, jika Anda pemula.

Dilansir dari Elite Daily, setidaknya ada lima hal yang perlu Anda siapkan sebelum melakukan lari marathon untuk pertama kalinya.

1. Cukupi asupan cairan


Dr Robert Segal, seorang ahli jantung dan salah satu pendiri LabFinder.com mengatakan bahwa tetap terhidrasi sebelum, selama, dan setelah latihan membantu menghindarkan tubuh dari pingsan dan cedera.

"Tentunya akan ada banyak keringat yang keluar, maka penting untuk tetap terhidrasi agar tekanan darah tidak turun," ujar Segal.

2. Dengarkan alarm tubuh

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya cedera selama latihan adalah dengan selalu mendengarkan peringatan tubuh Anda. Misalnya, Anda sudah tidak kuat, maka jangan memaksa latihan yang berat.

3. Jangan lupa untuk beristirahat

Segal menyarankan untuk mengambil istirahat selama satu hari penuh setiap Anda telah selesai melakukan high-interval training selama dua hari berturut-turut.

"Istirahat memberi tubuh Anda waktu untuk beradaptasi dari stres akibat berolahraga. Dengan beristirahat, tubuh memiliki kesempatan untuk memperbaiki jaringan yang rusak," tambahnya.

4. Jangan lupakan peregangan

Salah satu penyebab rasa sakit yakni karena Anda tidak melakukan peregangan sebelum berlari. Peregangan dinamis membantu melonggarkan otot dan tendon untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan jangkauan gerak. Beberapa contohnya adalah dengan melakukan squat, berlari di tempat, melompat-lompat, dan menekuk lutut.

5. Perhatikan asupan makanan

Selama proses latihan, Segal merekomendasikan untuk makan sejumlah kecil makanan 15 menit setelah menyelesaikan lari atau setiap kali Anda menyelesaikan latihan. Sedangkan malam hari sebelum melakukan marathon, penuhi dengan karbohidrat.

"Karbohidrat akan memberikan tubuh Anda cukup bahan bakar untuk dibakar selama balapan," katanya.

"Cara terbaik adalah memulai pemuatan karbohidrat beberapa hari sebelum perlombaan sehingga Anda memiliki glikogen dari karbohidrat yang tersimpan di tubuh Anda yang siap untuk dibakar," pungkasnya.


Lihat video:





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id