Menurut Eliza Savage, RD, seorang spesialis nutrisi olahraga di Middleberg Nutrition di New York menyarankan untuk makan 30 menit hingga tiga jam sebelum Anda berlari. (Foto: Pexels.com)
Menurut Eliza Savage, RD, seorang spesialis nutrisi olahraga di Middleberg Nutrition di New York menyarankan untuk makan 30 menit hingga tiga jam sebelum Anda berlari. (Foto: Pexels.com)

3 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga Lari

Rona kesehatan
Raka Lestari • 08 Juli 2019 08:00
Menurut Eliza Savage, RD, seorang spesialis nutrisi olahraga di Middleberg Nutrition di New York, satu hal yang perlu dibutuhkan sebelum berlari adalah karbohidrat. Savage juga menyarankan untuk makan 30 menit hingga tiga jam sebelum Anda berlari. Ia juga menambahkan untuk konsumsi pisang dengan selai kacang, atau oatmeal yang diseduh dengan air putih sebelum lari jauh. 
 
 
Jakarta:
Sudah bukan rahasia lagi bahwa melakukan olahraga lari dapat memberikan banyak manfaat dan bisa meningkatkan mood Anda. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga lari, Anda juga perlu memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sebelum lari. 
 
Dikutip dari Womenshealthmag, Adena Neglia, RDN seorang spesialisasi dalam nutrisi olahraga di Mount Sinai Hospital, New York membeberkan mengatur waktu makan Anda, memperhitungkan intensitas lari Anda, dan memahami apa yang paling baik untuk tubuh Anda adalah kuncinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini adalah makanan yang sebaiknya dikonsumsi sebelum olahraga lari:
 
3 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga Lari
(Menurut Eliza Savage, RD, seorang spesialis nutrisi olahraga di Middleberg Nutrition di New York menyarankan untuk makan 30 menit hingga tiga jam sebelum Anda berlari. Foto: Pexels.com)

1. Makanan yang baik dikonsumsi sebelum olahraga lari

Menurut Eliza Savage, RD, seorang spesialis nutrisi olahraga di Middleberg Nutrition di New York, satu hal yang perlu dibutuhkan sebelum berlari adalah karbohidrat.
 
Tidak seperti protein dan lemak, yang membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk dipecah, karbohidrat merupakan sumber energi yang cepat untuk diandalkan oleh tubuh Anda. 

2. Makanan yang baik sebelum lari jauh

Untuk lari jauh atau long run, Savage menyarankan untuk memilih makanan yang membuat Anda merasa kenyang dan berenergi. Tergantung pada seberapa cepat Anda mencerna, Savage menyarankan untuk makan 30 menit hingga tiga jam sebelum Anda berlari. Ia menyarankan untuk memilih pisang dengan selai kacang, atau oatmeal yang diseduh dengan air putih. 

3. Makanan yang baik sebelum sprint atau interval run

Jika Anda akan meningkatkan intensitas lari Anda, Anda perlu menjaga agar perut Anda tetap terasa ringan, saran Neglia.
 
Untuk itu, Neglia menyarankan untuk mengonsumsi makanan setidaknya empat jam sebelum Anda melakukan sprint atau interval run. Cobalah untuk mengonsumsi selai kacang dan madu, buah kering, pisang, atau susu cokelat jika Anda tidak memiliki masalah dengan produk susu. 
 
Jika Anda ingin melakukannya di pagi hari, Savage menyarankan untuk setidaknya berpuasa terlebih dahulu sebelum berlari.
 
Untuk mengatasi rasa lapar di pagi hari, Neglia menyarankan untuk makan malam yang lebih berat atau sahur pada malam sebelumnya agar ketika berlari perut Anda tidak kosong dan merasa lapar.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif