Kanker Payudara juga Mengintai Pria
(Foto: Health)
Jakarta: Kanker payudara menjadi momok menakutkan di kalangan wanita. Meski demikian, penyakit mematikan ini sejatinya tak hanya menyerang kaum hawa.

Kasus kanker payudara pada pria memang terbilang langka, tetapi bukan berarti tak ada. Oleh sebab itu, penting pula bagi pria untuk memiliki pengetahuan akan risiko ini. 

Dr M. Yadi Permana, Sp. B (K) Onk, Spesialis Bedah Onkologi dalam acara Talk Show Breast Cancer Awareness di Kantor Metro TV, Kebon Jeruk, Jakarta Barat menjelaskan bahwa risiko tinggi terkena kanker payudara adalah pada usia di atas 40 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk usia di bawahnya.


"Pada usia di bawah 40 tahun biasanya karena genetik, tetapi bisa juga karena gaya hidup," jelasnya. 

Dr Yadi pun mengimbau untuk rajin melakukan skrinning kesehatan, terutama bagi Anda yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit tersebut. 

Menurut dr Yadi, tanda-tanda kanker payudara pada pria tidak berbeda dengan wanita. 

"Bahkan kalau pada pria bisa lebih cepat diketahui karena payudara pada pria lebih kecil sehingga kalo ada benjolan tampak lebih jelas. Hal ini mungkin bisa diperhatikan ketika para pria sedang mandi kemudian menggosok bagian dadanya, apakah ada perbedaan atau tidak pada payudara mereka," paparnya. 





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id