Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

Tak Hanya Menyehatkan Mata, Ini 5 Manfaat Lain dari Wortel

Rona kanker kesehatan mata
Kumara Anggita • 03 September 2020 18:00
Jakarta: Wortel selalu dikenal sebagai makanan yang menyehatkan mata. Namun ternyata golongan umbi yang satu ini memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya yang mungkin belum pernah Anda dengar. Apa saja itu?

1. Kanker

DIkutip dari Medical News Today, menurut National Cancer Institute, terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker. Namun, hal ini bisa ditangani oleh wortel mengingat wortel sendiri memiliki efek antioksidan dari karotenoidnya.
 
Kanker prostat: Tinjauan studi pada 2015 menunjukkan adanya hubungan antara diet kaya karotenoid dan rendahnya risiko kanker prostat. Namun, penelitian lanjutan perlu untuk diperbanyak.
 
Leukemia: Pada 2011, para peneliti menemukan bukti bahwa nutrisi dalam ekstrak jus wortel dapat membunuh sel leukemia dan memperlambat atau menghentikan perkembangannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kanker paru-paru: Juga pada 2011, para peneliti menyimpulkan bahwa minum jus wortel dapat membantu mencegah jenis kerusakan yang menyebabkan kanker paru-paru pada perokok.

2. Kesehatan pencernaan

Menurut penelitian tahun 2014 yang melibatkan data dari 893 orang, mengonsumsi lebih banyak makanan kaya karotenoid dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Temuan studi yang diterbitkan tahun berikutnya menunjukkan bahwa, orang yang mengonsumsi makanan tinggi serat memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kolorektal, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sedikit serat.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif