Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

4 Keuntungan Tidur Siang setelah Berolahraga

Rona olahraga
Kumara Anggita • 30 Juni 2020 17:00
Jakarta: Untuk beberapa orang, olahraga bisa bikin tambah semangat. Namun ada pula yang justru mengantuk dan ingin tidur siang saja usai melakukan olahraga.
 
Dilansir dari Healthline, mengantuk usai olahraga adalah hal wajar. Terlebih bila Anda baru melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Respons itu terjadi karena Anda telah memaksakan diri secara fisik.
 
Padahal sesungguhnya ada manfaat tersendiri dari tidur siang sehabis berolahraga. Berikut penjelasannya dari Healthline:

-Pemulihan otot

Tidur siang setelah berolahraga dapat mendukung pemulihan otot. Saat Anda tidur, kelenjar pituitari melepaskan hormon pertumbuhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Otot Anda membutuhkan hormon ini untuk memperbaiki dan membangun jaringan. Cara ini penting untuk pertumbuhan otot, performa atletik, dan menuai manfaat dari aktivitas fisik.

-Memperbaiki tidur Anda yang kurang

Kurang tidur juga dapat menghambat pemulihan otot. Ini juga memperlambat fungsi kognitif dan melemahkan sistem kekebalan tubuh, berkontribusi pada kinerja atletik yang buruk. Dengan tidur siang, Anda dapat mengurangi efek kurang tidur dengan lebih banyak istirahat.

-Mengurangi kelelahan fisik

Merasa mengantuk setelah berolahraga adalah tanda kelelahan otot. Tidur siang mendorong pemulihan otot tersebut dan hasilnya adalah mengurangi kelelahan.

-Lebih waspada secara mental

Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan secara mental dan memberi Anda dorongan energi mental. Jika Anda bangun pagi untuk berolahraga, tidur siang dapat membantu Anda merasa tidak lelah.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif