Tips Jika Anda Mengalami Insomnia
Tips Jika Anda Mengalami Insomnia (Foto: shutterstock)
Jakarta: Insomnia merupakan suatu gangguan yang cukup sering terjadi di masyarakat. Penyebab dari terjadinya insomnia pun bervariasi pada setiap individu. Mulai dari stres, gangguan pada tubuh, kebiasaan yang buruk, dan ada banyak penyebab lainnya. Dan jika Anda mengalaminya, segeralah tangani dengan baik agar insomnia yang dialami tidak bertambah buruk.

Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika mengalami insomnia:

1. Jangan berdiam di tempat tidur
Meskipun Anda memiliki waktu tidur yang kurang karena insomnia membuat Anda tidak bisa tidur, usahakan untuk tetap bangun seperti biasa pada pagi harinya. Jika waktu tidur dan jadwal waktu bangun Anda tidak menentu, Anda mungkin mengalami jet lag sosial. Saat itulah jam biologis Anda tidak sinkron dengan waktu sosial.


2. Usahakan terkena matahari pagi
Matahari merupakan bagian penting jika membicarakan insomnia. Terkena sinar matahari di pagi hari membantu menstimulasi kewaspadaan, meningkatkan energi, dan mengangkat suasana hati. Ini juga dapat membantu Anda beristirahat lebih baik di malam hari. Tidak perlu berlama-lama terkena matahari, hanya lima menit saja sudah cukup.

3. Batasi konsumsi kafein
Kafein memiliki dampak yang berpengaruh dari enam hingga delapan jam. Dibutuhkan waktu yang lama bagi tubuh Anda untuk menghilangkan separuh dari efek kafein yang Anda konsumsi dalam satu porsi. Untuk itu usahakanlah untuk tidak mengonsumsi kafein setelah jam dua siang untuk membuat Anda mudah tidur pada pukul 10 malam.

4. Olahraga
Menurut survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa orang-orang yang berolahraga melaporkan waktu tidur yang lebih lama dan lebih nyenyak daripada yang tidak berolahraga. Agar tidak terlalu berenergi di malam hari, selesaikan olahraga Anda setidaknya empat jam sebelum tidur.

5. Jangan tidur siang
Bagi seseorang yang mengalami insomnia, usahakan untuk tidak tidur siang hari. Setelah malam yang sulit karena insomnia, biasanya akan lebih mudah mengantuk di siang hari. Dengan tidur sebentar di siang hari, maka di malam hari akan sulit tertidur cepat.


 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id