NEWSTICKER
Ilustrasi-MI/Fransisco Carollio
Ilustrasi-MI/Fransisco Carollio

Apa itu Social Distancing?

Rona Virus Korona Coronavirus covid-19 social distancing
Kumara Anggita • 16 Maret 2020 13:06
Jakarta: Beriringan dengan maraknya kasus virus korona atau covid-19 di Indonesia, 'Social Distancing atau jarak sosial menjadi hal yang dianjurkan untuk kita semua. Apa sebenarnya maksud dari social distancing ini? Berikut penjelasannya dari Forbes.
 
Social distancing
adalah sebuah strategi kesehatan masyarakat yang dilakukan untuk mencegah atau memperlambat penyebaran patogen infeksius seperti virus. Social distancing sangat penting untuk memerangi pandemi covid-19 karena saat ini belum ada vaksin yang ditemukan.
 
Anda harus melakukan segala upaya untuk sebisa mungkin menjaga jarak secara fisik dengan satu sama lain. Ini termasuk mengisolasi orang yang terinfeksi, melakukan karantina orang yang mungkin telah terinfeksi, dan membuat orang terpisah satu sama lain secara umum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, seorang penulis, Tara Haelle untuk Forbes telah menyebutkan bahwa tujuan social distancing saat ini adalah untuk “meratakan kurva.” Dalam hal ini, kurva yang dimaksud adalah grafik jumlah orang yang terinfeksi SARS-CoV2 setiap harinya.
 
Meratakan kurva berarti memperlambat penyebaran SARS-CoV2. Sehingga tidak ada terlalu banyak kasus pada hari tertentu yang membanjiri sistem perawatan kesehatan.
 
Tentunya social distancing tidak mudah untuk banyak orang. Ini karena Anda harus mengubah kebiasaan-kebiasaan. Lagi pula, fasilitas umum juga banyak yang sudah tutup.
 
Ini adalah ide yang bagus untuk diterapkan agar Anda dan orang di sekitar bisa saling menjaga satu sama lain. Tetap lah tenang, cuci tangan dengan benar, jangan sentuh tangan, mulut, dan hidung, dan lakukan aktivitas Anda di rumah.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif