NEWSTICKER
Asam eikosapentaenoat (EPA)dan asam docosahexaenoic (DHA) adalah omega-3 utama yang membantu dengan peradangan dan mereka dapat ditemukan pada ikan berlemak. (Ilustrasi/Pexels)
Asam eikosapentaenoat (EPA)dan asam docosahexaenoic (DHA) adalah omega-3 utama yang membantu dengan peradangan dan mereka dapat ditemukan pada ikan berlemak. (Ilustrasi/Pexels)

Makanan yang Membantu Melawan Inflamasi pada Paru-Paru

Rona kesehatan paru-paru
Raka Lestari • 20 Februari 2020 06:03
Jakarta: Inflamasi atau peradangan bisa terjadi pada bagian tubuh, salah satunya adalah paru-paru. Seperti dilansir thehealthy, untuk mencegah hal tersebut, melakukan pola hidup yang sehat seperti melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat untuk paru-paru sangatlah disarankan.
 
Apa saja makanan yang dapat melawan inflamasi pada paru-paru? Berikut ini adalah daftarnya:
 
Flaxseeds

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengonsumsi flaxseeds pada makanan sehari-hari Anda, terutama di pagi hari merupakan cara yang terbaik untuk memenuhi asupan tubuh akan asam lemak omega-3, Asha Devereaux, MD, MPH, seorang ahli paru di Coronado, California. Asam lemak omega-3 yang cukup dapat membantu tubuh untuk melawan peradangan yang terjadi. 
 
Ikan 
 
Asam eikosapentaenoat (EPA)dan asam docosahexaenoic (DHA) adalah omega-3 utama yang membantu dengan peradangan dan mereka dapat ditemukan pada ikan berlemak. Devereaux merekomendasikan makan makanan laut untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan EPA dan DHA. Ia juga menyarankan untuk memilih Diet Mediterania yang lebih banyak mengandung ikan di dalamnya. 
 
Walnut
 
Jika Anda bukan penggemar makanan laut, Anda bisa mendapatkan omega-3 dari sumber lain. Anda bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan dan Walnut adalah pilihan terbaik. Meskipun memang, kacang-kacangan tidak setara dengan ikan berlemak karena ALA (jenis asam lemak omega-3 dalam sumber tanaman) perlu dikonversi agar tubuh dapat menggunakannya. 
 
Jeruk 
 
Mengonsumsi vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang sangat penting bagi orang dengan masalah paru-paru. "Pilek yang dialami akan memperburuk masalah paru-paru yang Anda alami," kata Dr. Devereaux. Sebuah meta-analisis dalam Scientific Reports juga menemukan bahwa untuk setiap 100 miligram vitamin C yang dikonsumsi setiap hari, risiko kanker paru-paru berkurang hingga 7 persen.
 
Susu 
 
Orang-orang yang memiliki penyakit paru cenderung lebih berisiko untuk mengalami defisiensi vitamin D dan memang kekurangan vitamin D dapat menyebabkan inflamasi pada paru-paru.
 
“Kami merekomendasikan untuk mereka yang mengalami penyakit paru-paru memiliki kadar vitamin D yang cukup,” ujar Dr. Devereaux. Susu memenuhi sekitar seperlima dari kebutuhan harian Anda, dan ikan berlemak secara alami mengandung lebih banyak vitamin D.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif