Para ahli menyadari bahwa sebenarnya asam oleat dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga setengahnya. (Foto Ilustrasi: Giulia Bertelli/unsplash.com)
Para ahli menyadari bahwa sebenarnya asam oleat dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga setengahnya. (Foto Ilustrasi: Giulia Bertelli/unsplash.com)

Manfaat Asam Oleat untuk Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Rona kesehatan jantung
Raka Lestari • 13 Januari 2019 10:30
Jakarta: Anda mungkin tahu bahwa diet adalah bagian penting dari kesehatan jantung. Menambahkan makanan sehat yang mengandung serat dan sarat dengan antioksidan dapat membuat keajaiban bagi sistem kardiovaskular Anda.

Saat ini ada bahan makanan lain yang mungkin bahkan lebih baik untuk jantung Anda, yaitu  asam oleat atau oleic acid. Para ahli menyadari bahwa sebenarnya asam oleat dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga setengahnya.

Sebuah studi lima tahun yang diterbitkan dalam jurnal BMC menemukan bahwa, seseorang yang mengonsumsi minyak zaitun dan extra-virgin olive oil secara rutin ternyata dapat memangkas risiko mereka terkena kardiovaskular sebesar 48 persen. Jadi apa itu asam oleat dan mengapa begitu efektif?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Asam oleat adalah asam lemak tak jenuh tunggal. Ini dapat ditemukan secara alami dalam daging, keju, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak nabati seperti minyak zaitun," ujar Luke Laffin, MD, ahli jantung preventif di Klinik Cleveland. Selain itu, asam oleat juga memiliki manfaat lain berkaitan dengan kesehatan jantung Anda. Asam oleat mengurangi kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah, kadar trigliserida, dan tekanan darah. Termasuk meningkatkan sensitivitas insulin

"Dengan demikian, asam oleat mengatasi tiga faktor risiko utama untuk pengembangan penyakit kardiovaskular yaitu hipertensi, diabetes, dan hiperlipidemia, " kata Dr. Laffin.
 
"Konsumsi harian sekitar 1,5 sendok makan (20 gram) minyak yang mengandung asam oleat tingkat tinggi, menggantikan lemak dan minyak yang lebih tinggi lemak jenuh, dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung," sambungnya.

Meskipun asam oleat dapat ditemukan dalam berbagai makanan, Dr. Laffin menyarankan untuk memilih sumber nabati. "Sumber lemak tak jenuh tunggal dari tanaman diantaranya minyak zaitun, minyak kanola, kacang pohon, dan alpukat, " tutup Dr. Laffin. 

Tren Olahraga Yoga



(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi