Percaya atau tidak, aspirin bisa diterapkan untuk menghilangkan jerawat. (Foto Ilustrasi: Ayo Ogunsein/Unsplash.com)
Percaya atau tidak, aspirin bisa diterapkan untuk menghilangkan jerawat. (Foto Ilustrasi: Ayo Ogunsein/Unsplash.com)

Bahan-bahan yang Bisa Diolah jadi Obat Jerawat

Rona jerawat
Anggi Tondi Martaon • 10 Januari 2019 16:33
Jakarta: Jerawat menjadi masalah gangguan kulit yang sangat ditakuti kaum milenial karena bisa merusak penampilan. Bahkan, banyak orang membeli produk pencegah atau penghilang saat jerawat timbul.
 
Daripada harus mengeluarkan uang, alangkah baiknya Anda membuat produk penghilang jerawat alami. Bahannya tentu mudah didapatkan. Dikutip dari www.askdrmanny.com, berikut bahan yang bisa diolah menjadi obat jerawat, yaitu:
 
1. Backing Soda
Backing soda merupakan salah satu bahan membuat kue. Agar backing soda bisa berubah fungsi menjadi obat jerawat cukup dicampur dengan air dan diaduk hingga berubah menjadi pasta. Kemudian, oleskan ke jerawat atau bekas jerawat dan biarkan selama 15 menit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, disarankan agar menggunakan pelembap setelah menerapkan perawatan ini. Sebab, bisa menyebabkan kekeringan karena efektif menghilangkan minyak dari kulit.
 
2. Aspirin
Mungkin kita mengerutkan kening saat pertama kali mengetahui bahwa aspirin bisa menjadi obat jerawat. Sebab, mayoritas orang mengetahui jika salah satu produk medis ini sering digunakan menghilangkan nyeri.
 
Percaya atau tidak, aspirin bisa diterapkan untuk menghilangkan jerawat. Tidak hanya itu, oba-obatan ini juga membantu menyembuhkan kemerahan yang timbul saat berjerawat.
 
Caranya, hancurkan beberapa tablet hingga terkumpul sebanyak dua sendok makan. Setelah air, bubuk aspirin dicampurkan dengan air lalu oleskan ke wajah Anda selama 10 menit. 
 
Anda dapat menggunakan perawatan ini di seluruh atau langsung pada jerawat. Selain itu, Anda bisa mencampur dengan beberapa sendok madu.
 
3. Madu
Bahan-bahan yang Bisa Diolah jadi Obat Jerawat

Madu bisa diandalkan untuk melawan bakteri di wajah Anda sekaligus membuat kulit lebih lembut dan lembap. Namun, sangat disarankan agar menggunakan madu mentah. 
 
Sebelum melakukan perawatan dengan menggunakan madu, bersihkan wajah Anda dengan lembut. Kemudian, oleskan madu ke seluruh wajah selama sekitar 15 atau 20 menit. Diingatkan juga membilas secara hati-hati untuk menghindari kotoran yang menempel pada wajah.
 
4. Lemon
Air perasan lemon tidak hanya segar, tapi bisa membantu mengatasi jerawat. Caranya, air perasan lemon dioleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit. Kekuatan lemon yang bersih akan membantu mengatasi jerawat Anda.
 
Namun, bagi yang memiliki kulit gelap tidak disarankan menggunakan metode ini. Sebab, dapat menyebabkan bintik-bintik hitam pada bekas jerawat karena lemon memengaruhi sel-sel penghasil melanin .
 
Selain itu, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif melakukan percobaan terlebih dahulu. Jika kulit menjadi kemerahan atau terbakar, Anda bisa mencampur jus lemon dengan madu atau lidah buaya untuk mengimbangi keasaman.
 
5. Lidah Buaya
Selain mengobati luka bakar atau sinar matahari, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat. Karena, lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasinya.
 
Oleskan satu sendok makan gel lidah buaya murni pada wajah Anda sebanyak dua kali sehari. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan satu sendok teh air perasan lemon untuk pembersihan ekstra. 
 
Rahasia Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda (2)

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif