Penyakit liver bisa dicegah. (Foto:newhealthguide.org)
Penyakit liver bisa dicegah. (Foto:newhealthguide.org)

Cara Mencegah Penyakit Liver

Rona kesehatan
26 Desember 2015 10:14
medcom.id, Jakarta: Penyakit liver diklaim sebagai silent killer atau 'pembunuh diam-diam'. Tak heran, berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (2014), pada 2015, penyakit hati ini menyumbang 2,44 persen kematian di India. Ahli gizi Dr Rupali menyebutkan, setiap orang perlu melakukan tes darah secara rutin agar dapat mendeteksi penyakit hati lebih awal. 
 
Gejala dari penyakit hati tahap awal sebenarnya sering dianggap sepele. Sebut saja seperti sering kelelahan, anemia, penyakit kuning hingga pembengkakan pada kaki. Namun, masalah tersebut apabila tak segera diobati bisa berujung pada kematian.
 
Sebelum hati bermasalah, sebaiknya Anda mulai mencegahnya dengan cara berikut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Tidak minum alkohol
Konsumsi alkohol bisa berdampak pada hati Anda. Dengan kandungannya, alkohol membawa banyak lemak ke dalam hati yang berujung pada munculnya gangguan-gangguan di hati. 
 
2. Hindari obesitas
Fungsi hati tidak optimal saat tubuh Anda berada dalam obesitas. Pastikan Anda mulai melakukan program penurunan berat badan. Rajin olahraga disebut dapat membantu meningkatkan fungsi enzim di hati.
 
3. Banyak minum air
Air punya peran yang penting dalam detoksifikasi tubuh. Sedangkan fungsi utama hati adalah mengumpulkan bahan kimia beracun yang hadir pada makanan yang Anda konsumsi. Jadi, minum banyak air dapat memompa proses detoksifikasi racun dalam hati dengan lancar.
 
4. Konsumsi buah dan sayur
Makan lima buah dan sayuran yang digabung setiap harinya punya manfaat yang luar biasa untuk kesehatan hati. 
 
5. Protein
Protein membantu dalam regenerasi sel-sel hati yang sehat. Ikan dikenal dengan sumber yang kaya akan protein. 
 
6. Teh dandelion
Teh dandelion telah diuji dan punya dampak yang sangat positif untuk setiap masalah gangguan hati. Teh jenis ini bertindak sebagai katalis untuk memobilisasi empedu stagnan dari hati Anda. (Sumarni/ Times of India)
 
(LOV)


social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif