Apakah chia seed dapat menurunkan berat badan? Simak informasinya. (Foto: Pexels.com)
Apakah chia seed dapat menurunkan berat badan? Simak informasinya. (Foto: Pexels.com)

Chia Seed Dapat Menurunkan Berat Badan?

Rona kesehatan diet
Raka Lestari • 19 Juni 2019 18:17
Harbstreet seorang ahli gizi mengatakan chia seed juga merupakan sumber protein yang baik, yang merupakan bagian penting dalam penurunan berat badan. Tapi, katanya tidak ada satu pun makanan atau bahan makanan yang dapat menurunkan berat badan secara cuma-cuma. Jadi jika Anda menginginkan chia seed dapat menurunkan berat badan, maka ia sarankan untuk menghubungi ahli gizi untuk mendukung tujuan pribadi Anda.
 

 
Jakarta: Chia seed saat ini merupakan salah satu bahan makanan yang cukup terkenal. Chia seed juga bisa digunakan dalam berbagai hidangan mulai dari puding hingga smoothie. Biji kecil berbentuk hitam ini berasal dari tanaman yang bernama salvia hispanica, yang merupakan tanaman kaya akan nutrisi, kaya akan protein dan asam lemak omega-3.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ditambah lagi, biji-bijian kaya akan nutrisi ini mengandung 11 gram serat per sajian, yang dianggap dapat membantu menurunkan berat badan.
 
"Banyak orang yang tidak mendapatkan asupan serat yang cukup setiap harinya, dan dengan menambahkan chia seeds ke dalam camilan sehari-hari bisa menjadi cara mudah untuk mendapatkan lebih banyak serat," kata Cara Harbstreet, RD, dari Street Smart Nutrition.
 
Chia Seed Dapat Menurunkan Berat Badan?
(Harbstreet seorang ahli gizi mengatakan chia seed juga merupakan sumber protein yang baik, yang merupakan bagian penting dalam penurunan berat badan. Foto: Pexels.com)

Namun apakah chia seeds benar-benar dapat menurunkan berat badan?

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine seperti dilansir dari Womenshealthmag, kandungan serat yang terdapat dalam chia seed dapat membantu hal-hal yang bertujuan dengan penurunan berat badan.
 
Chia seed juga merupakan sumber protein yang baik, yang merupakan bagian penting dalam penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Metabolism, seseorang yang meningkatkan asupan protein mereka hingga 30 persen dari makanan mereka biasanya akan makan hampir 450 kalori lebih sedikit sehari dan kehilangan sekitar 11 kilogram selama studi selama 12 minggu.
 
Namun pada dasarnya, dalam menurunkan berat badan perlu memerhatikan keseluruhan diet Anda sehari-hari dan rutinitas olahraga. Bukan hanya mengonsumsi suatu makanan-makanan tertentu.
 
"Tidak ada satu pun makanan atau bahan makanan yang dapat menurunkan berat badan secara cuma-cuma, jika Anda menginginkan chia seed dapat menurunkan berat badan, maka saya sarankan untuk menghubungi ahli gizi untuk mendukung tujuan pribadi Anda," kata Harbstreet.
 
Itu juga berarti chia seed tidak akan membantu Anda membakar lemak perut atau secara ajaib meningkatkan metabolisme Anda. Dalam mengonsumsi chia seed, Anda juga tidak perlu khawatir akan efek samping yang ditimbulkannya.
 
"Chia seed tidak mungkin menyebabkan reaksi atau memicu gejala, seperti beberapa makanan lain yang dikenal alergen atau memicu gejala terkait GI," kata Harbstreet.
 
"Karena itu, peningkatan asupan serat secara tiba-tiba dan drastis berpotensi menyebabkan beberapa 'perilaku buruk', terutama bagi orang-orang yang sebelumnya mengonsumsi sangat sedikit serat." Terlalu banyak serat sering menyebabkan seseorang mengalami kembung dan diare.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif