Wanita hamil dianjurkan menghindari konsumsi kafein (Foto:Shekows)
Wanita hamil dianjurkan menghindari konsumsi kafein (Foto:Shekows)

5 Pantangan Wanita Hamil

Rona hamil
Sri Yanti Nainggolan • 04 Januari 2016 14:30
medcom.id, Jakarta: Saat hamil, wanita harus memikirkan bahwa apa pun yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap janin dalam perutnya.
 
Kebiasan buruk yang dilakukan sebelum hamil harus dihentikan supaya bayi kelak lahir dalam keadaan sehat.
 
Berikut ini lima kebiasaan yang harus dihindari karena dapat memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan ibu dan anak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Merokok
Kebiasaan ini memang seharusnya tidak dilakukan, baik saat hamil maupun tidak. Merokok dapat memberi efek buruk pada paru-paru bayi karena paru-parunya ikut tercemar nikotin, tar, dan karbon dioksida saat ibu menghisapnya. Terlebih lagi, merokok dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan masalah neonatal. Merokok juga memengaruhi pertumbuhan keseluruhan bayi.
 
2. Kafein
Menurut sebuah penelitian, minum kafein berisiko keguguran. Meminum lebih dari dua cangkir kafein setiap hari dapat menyebabkan pertumbuhan janin yang buruk dan memungkinkan bayi lahir prematur.
 
3. Gula
Para peneliti mengungkapkan bahwa memakan gula terlalu banyak akan menyebabkan bayi kecanduan makanan manis dan ibu memiliki risiko diabetes.
 
4. Alkohol
Minum alkohol terlalu banyak dapat meningkatkan kemungkinan keguguran dan menyebabkan persalinan prematur. Selain itu, alkohol juga merusak sistem saraf dan otak janin, menyebabkan cacat jantung bawaan dan keterbelakangan mental.
 
5. Junk food
Mengunyah junk food tidak memberikan asupan gizi yang seimbang bagi pertumbuhan bayi. Menurut sebuah penelitian, wanita hamil yang suka makan junk food memiliki kemungkinan lebih besar untuk melahirkan bayi gemuk.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif