Ilustrasi---(Foto: Pexels.com)
Ilustrasi---(Foto: Pexels.com)

Mengapa Bayi Suka Mengemut Jari Kaki?

Rona bayi
Raka Lestari • 28 September 2019 08:02
Jakarta: Ada banyak kebiasaan bayi yang mungkin tidak Anda pahami, salah satunya adalah kebiasaan mereka yang suka sekali memasukkan kakinya ke dalam mulut.
 
Beberapa orang tua mungkin khawatir jika menjilat kaki dapat menyebabkan kuman masuk ke dalam tubuhnya. Namun sebenarnya Anda tidak perlu khawatir karena itu merupakan kebiasaan yang normal pada bayi.
 
"Salah satu cara utama bayi belajar adalah dengan mulut mereka, sebagai cara untuk merasakan berbagai rasa dan sensasi," jelas Elisabeth Oxenrider, Praktisi Perawat Neonatal di Doctors Medical Center di Modesto, California mengatakan pada Romper.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga menambahkan, ketika bayi mengembangkan lebih banyak kontrol atas tubuh mereka dan memiliki kemampuan untuk memasukkan kaki ke mulut mereka, bayi menyadari bahwa mereka telah menemukan sesuatu yang baru dan menarik. 
 
"Cara terbaik bagi mereka untuk mempelajarinya adalah dengan memasukkannya ke dalam mulut mereka. Bagi beberapa bayi, tindakan mengisap jari kaki mereka mungkin menenangkan. Sedangkan bagi yang lain itu adalah bentuk permainan yang menyenangkan," terangnya.
 
Terlepas dari indra perasa, mulut juga penuh dengan ujung saraf ang membawa informasi sensorik ke otak, menurut penelitian tahun 2017 yang diterbitkan di Endocrine and Metabolic Disorders.
 
Ketika anak-anak meletakkan tangan mereka, kaki mereka, atau bahkan sesuatu seperti mainan kecil ke dalam mulut, mereka sebenarnya mencoba untuk mencari tahu rasa dari benda tersebut.
 
Dan jari kaki adalah mainan yang tersedia yang tidak pernah jauh, dan kadang-kadang itu satu-satunya pilihan untuk bayi ketika mereka tidak bisa bergerak. Pada dasarnya sangat tidak nyaman untuk memasukkan kaki ke dalam mulut Anda dan tentu akan sulit bagi orang tua. Namun bayi masih sangat lentur karena tulang mereka sebagian besar terbuat dari tulang rawan yang belum sepenuhnya dikalsifikasi, menurut Kids Health.
 
"Sederhananya, bayi meletakkan kaki mereka di mulut mereka karena mereka bisa," ujar Ben Hoffman, M.D., dokter anak di OHSU Doernbecher Children's Hospital.
 
Sekitar usia 3 bulan atau lebih, sebagian besar bayi dapat dengan sengaja mendapatkan tangan mereka di mulut mereka, dan sebagian besar cara bayi menjelajahi dunia adalah dengan mulut mereka.
 
"Sekitar 3 sampai 6 bulan, sebagian besar bayi akan 'menemukan' kaki mereka dan karena mereka masih sangat lentur, mereka akan meletakkan kaki mereka di mulut mereka sebagai bagian dari eksplorasi mereka," terangnya.
 
Ada kemungkinan bahwa dengan mengalami tekstur non-cair ketika memasukkan tangan atau kaki mereka, bayi menjadi terbiasa dengan makanan padat yang akan mempersiapkan mereka untuk makan makanan di kemudian hari.
 


 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif