Cara menulis surat lamaran kerja yang tepat. (Foto:wisegeek.com)
Cara menulis surat lamaran kerja yang tepat. (Foto:wisegeek.com)

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Tepat

Rona karier
06 Januari 2016 14:28
medcom.id, Jakarta: Surat lamaran kerja, adalah hal yang pertama dilihat oleh HRD perusahaan sebelum merekrut karyawan. Surat lamaran kerja yang tak menarik, sudah pasti tidak akan dilirik oleh mereka. Kesempatan bekerja Anda pun akan hilang sia-sia.
 
Oleh karena itu, penting untuk mengemas surat tersebut semenarik mungkin. Namun, ingat jangan berlebihan. Berikut hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat surat lamaran kerja.
 
1. Fokus spesifik Anda
Dalam beberapa baris, surat lamaran harus berisi ringkasan dari pengalaman Anda hingga mengapa Anda cocok untuk mendapatkan posisi di perusahaan tersebut. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Penelitian
Ya, Anda juga perlu meneliti terlebih dahulu tentang perusahaan yang akan dituju. Dari sanalah Anda bisa menuliskan beberapa baris tentang budaya hingga visi misi dari perusahaan itu.
 
3. Fokus
Namun, pada penulisan surat lamaran kerja tetap harus fokus pada kemampuan dan keterampilan yang Anda miliki. Lebih fokus juga pada parameter kualitas daripada kuantitas. 
 
4. Menjadi realistik
Anda perlu memamerkan keterampilan Anda dengan pernyataan deskriptif seperti, "saya punya kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bekerjasama dengan tim". Hindari menuliskan kata-kata yang betele-tele. (Sumarni/ Times of India)
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(LOV)


social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif