Orang Tua Beda Keyakinan, Anak Ikut Agama Ayah atau Ibu?

Sri Yanti Nainggolan 18 Juni 2018 10:02 WIB
topik khusus rona
Orang Tua Beda Keyakinan, Anak Ikut Agama Ayah atau Ibu?
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Tak bisa dipungkiri, tak sedikit orang yang memilih menjalani pernikahan beda agama. Hal ini, mungkin kerap menimbulkan pertanyaan, bagaimana agama si kecil, kelak? ikut ayah atau ibunya?

Psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani mengungkapkan ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk menentukan agama anak yang lahir dari orang tua beda keyakinan.

1. Dipilihkan sejak kecil


Beberapa pasangan memutuskan agama anak sejak awal. Misalnya, anak pertama mengikuti agama ayah dan anak kedua mengikuti agama ibu.

"Perlu dipertimbangkan ketika ternyata tidak ada anak kedua atau jumlah anak ganjil, jangan sampai ada isu ketidakadilan," Nina menanggapi.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketika anak memutuskan pindah agama seiring bertambahnya usia, bagaimana orang tua harus bisa menghargai keputusan tersebut.

2. Mengenalkan kedua agama dan biarkan anak yang memutuskan
 
Memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih agama ketika mereka sudah dewasa adalah hal yang harus disadari dari pasangan yang berbeda keyakinan. Ada baiknya hingga usia 17 tahun, anak diperkenalkan kedua agama dengan seimbang.

Opsi ini cukup adil. Namun, terkadang tak cukup efektif untuk anak yang masih kecil karena mereka akan bingung dengan identitasnya.

3. Dipilihkan satu agama tetapi anak bebas memilih

Hampir sama dengan pilihan pertama, pilihan ketiga ini cukup banyak dipraktikkan. Anak akan diajarkan satu agama yang kemudian menjadi identitas, tetapi orang tua tidak melarang ketika akhirnya ia memutuskan pindah ke agama lain.

"Banyak ahli menyarankan alternatif ini karena anak sudah memiliki identitas tapi masih punya kesempatan untuk berubah," tambah Nina.

Psikolog yang akrab disapa Nina menekankan, pada akhirnya seluruh opsi mengingatkan orang tua untuk membebaskan anaknya memilih agama.

"Jangan sampai ketika anak berganti agama, orang tua yang seagama jadi tersinggung," pungkasnya.


Lihat video:





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id