Kemarahan bisa muncul ketka ada seseorang yang bertanya kepada Anda pertanyaan yang terlalu personal. (Ilustrasi?pexels)
Kemarahan bisa muncul ketka ada seseorang yang bertanya kepada Anda pertanyaan yang terlalu personal. (Ilustrasi?pexels)

Beberapa Alasan yang Bikin Orang Cepat Marah

Rona psikologi
Kumara Anggita • 12 Februari 2020 17:06
Jakarta: Kemarahan muncul pasti ada pencetusnya dan pencetus itu bisa bikin satu orang kesal namun yang lainnya biasa saja. Ketika hal ini terjadi, perasaan negatif itu sesungguhnya ingin memberi tahu Anda sesuatu yang penting yang perlu segera dievaluasi.
 
Apa saja alasan yang biasanya bikin orang cepat marah? Berikut lima hal yang biasanya membuat emosi Anda membara yang dilansir dari Psychology Today.
 
Anda perlu menetapkan batas

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemarahan bisa muncul ketka ada seseorang yang bertanya kepada Anda pertanyaan yang terlalu personal. Kekesalan ini muncul karena Anda tahu bahwa seseorang mungkin akan melanggar batas. Bersiaplah untuk respons protektif sebelum segalanya berjalan terlalu jauh, seperti mengatakan, "Saya benar-benar tidak ingin membicarakannya”.
 
Anda perlu lindungi waktu 
 
Apakah seseorang meminta Anda untuk membantu di kantor lagi? Kemarahan Anda mungkin memberi tahu  bahwa Anda sudah kelebihan beban. Saat hal ini terjadi, Anda bisa mengatakan "Saya sudah memiliki banyak kerjaan. Saya akan memikirkannya lagi nanti”.
 

Terlalu banyak beban pekerjaan
 
Mungkin Anda berpikir Anda melakukan terlalu banyak tugas di rumah tangga atau kerjaan Anda. Sebelum kesal dan cari gara-gara ke semua orang, ubahlah keluhan Anda menjadi permintaan, dan lihat apa yang terjadi. Anda bisa mengatakan, "Saya akan menghargainya jika Anda bisa ..."
 
Anda perfeksionis
 
Anda mungkin menjadi jengkel ketika usaha Anda tidak memenuhi standar yang telah Anda buat,  ketika orang lain tidak memenuhinya standar itu atau ketika dunia yang kejam ini mengkhianati cita-cita Anda yang sudah Anda rancang sedemikian mungkin. Hal ini memang menyebalkan, namun tak ada salahnya untuk melonggarkan standar itu karena tak semua hal di dunia ini bisa sesuai dengan bayangan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif