Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Mengapa Bayi Mudah Tidur saat Digendong?

Rona tidur bayi
Raka Lestari • 14 Agustus 2019 15:59
American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan sebaiknya tidur dengan bayi mereka pada enam bulan pertama. Dan sebaiknya bayi tidak ditidurkan pada kursi atau sofa.
 

Jakarta:
Ketika sedang digendong, bayi biasanya akan mudah tertidur terutama jika Anda menggendongnya sambil mengayun-ayunkannya. Dan ketika Anda menidurkannya di boks bayi, seringkali bayi akan langsung terbangun dari tidurnya tersebut. Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa hal itu terjadi?
 
Courtney Marie Long, International Certified Newborn Care Specialist dan pelatih tidur anak bersertifikat, menjelaskan mengapa bayi mudah tertidur ketika Anda menggendongnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lengan orang dewasa, biasanya lebih nyaman dan hangat," ujar Long, seperti dikutip romper.
 
Dalam pedoman resminya, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan sebaiknya tidur dengan bayi mereka pada enam bulan pertama. Dan sebaiknya bayi tidak ditidurkan pada kursi atau sofa.
 
Menurut AAP, sofa atau kursi mungkin merupakan tempat yang nyaman untuk tidur tetapi untuk dijadikan tempat tidur keduanya dapat menimbulkan risiko yang tinggi untuk kematian bayi.
 
"Namun demi keamanan, saya tidak menyarankan Anda tidur sambil menggendong bayi terutama di malam hari. Sangat mudah untuk tidur di ruangan yang redup, di tengah malam, sambil memeluk bayi yang dapat menyebabkan hal-hal tidak terduga," terangnya.
 
"Untuk tidur siang hari, saya sarankan menempatkan bayi di tempat Anda ingin mereka tidur (boks bayi), misalnya," saran Long.
 
"Tidur di siang hari sangat menyarankan, namun Anda tidak bisa menggendong bayi Anda sepanjang mereka tidur. Saya menyarankan Anda untuk mulai membiasakan bayi tidur di boks mereka ketika mencapai usia 10 minggu agar bayi Anda tidak ketergantungan," paparnya.
 
Salah satu cara untuk membantu Anda agar bayi merasa seperti tidur di gendongan Anda adalah dengan menggunakan bedong bayi, saran Long. "Membedong bayi sangat aman sampai bayi mulai berjalan berguling karena membantu mereka merasakan sensasi nyaman seperti saat mereka masih berada di dalam rahim," ungkapnya.
 
Long mengakui bahwa sebagian besar orang tua menempatkan bayi di atas mereka sambil tertidur. Namun ia memperingatkan bahwa opsi paling aman adalah dengan menempatkan bayi di atas permukaan yang kuat, rata, dan membiarkan bayi tidur sendiri setiap kali mereka tidur agar bayi belajar untuk tidur sendiri.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif