Empat Etika Bertelepon yang Sebaiknya Anda Perhatikan
Pemakaian smartphone juga ternyata memiliki etika yang ada baiknya Anda ketahui. Gadget expert, Gazella memaparkannya seperti berikut ini. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)
Jakarta: Hampir setiap hari kita menggunakan smartphone. Disebut gadget yang pintar atau smart karena bisa membantu kita dalam banyak hal. Dari mulai menelepon, mengirin pesan teks, gambar, video, suara, sampai urusan perbankan atau bisnis tinggal menjentikkan jari saja.

Di satu sisi, pemakaian smartphone juga ternyata memiliki etika yang ada baiknya Anda ketahui. Gadget expert, Gazella memaparkannya seperti berikut ini.

1. Jangan menggunakannya saat sedang makan
Saat sedang makan biasanya Anda lebih ingin menikmati makanan atau berbincang ringan bersama sahabat atau keluarga. Ada baiknya menurut Gazella untuk tidak bertelepon saat Anda sedang makan atau sedang berada di meja makan bersama orang lain. 


"Kecuali memang dalam keadaan mendesak dan Anda harus menjawabnya karena jawaban Anda sangat menentukan prospek bisnis kantor Anda, angkat dan katakan bahwa Anda harus menerima telepon tersebut dan tinggalkan meja sebentar saat Anda berbicara di telepon," ucap Gazella.

(Baca juga: 4 Etiket Sederhana Soal Makan)


(Seperti table manner, bertelepon juga punya etika yang walau tidak tertulis sebaiknya Anda perhatikan. Foto: Tuce/Unsplash.com)

2. Hindari menggunakannya saat meeting dengan atasan
Tentu Anda tidak ingin jika atasan Anda menilai Anda mengacuhkan meeting bersama bukan? Sabar saja karena akan ada banyak waktu untuk melihat pesan dan Instagram Anda selepas meeting. Lagi pula ini akan jadi catatan buruk Anda jika bos Anda merasa diacuhkan dan tidak didengarkan oleh Anda.

3. Pelankan suara Anda di transportasi umum
Tentu akan sangat mengganggu nada suara kencang saat berada di dalam commuterline atau bus. Gazella mengatakan bahwa orang lain tidak harus mendengar apa yang Anda obrolkan dengan teman Anda di telepon. 

"Atau lebih buruk lagi, jika Anda bicara di dalam transportasi umum mengenai kondisi atau prospek kantor, tak ada yang tahu di sekitar Anda terdapat orang dari kantor pesaing Anda. Jadi, turunkan nada suara Anda dan jika kondisi bising, katakan Anda yang akan menelpon kembali sebagai bentuk pertanggungjawaban Anda tidak menjawab secara lengkap."

4. Fokus ketika sedang membayar atau membeli
"Klien saya pernah kehilangan jutaan dollar ketika sedang melakukan pembelian dan pembayaran karena terdistraksi oleh telepon. Ia menambahkan beberapa angka karena tak fokus," ujar Gazella.

Ada baiknya Anda fokus beberapa menit. Menurut Gazella pembayaran atau pembelian tidak lebih dari dua menit transaksinya. "Hindari berlaku konyol dengan multitasking ketika sedang bertransaksi. Alih-alih Anda bisa melakukan semuanya dalam satu waktu, Anda malah rugi. Jadi, dedikasikan sekian menit saja untuk satu aktivitas dan semua berjalan lancar," pesan Gazella.





(TIN)