Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Mengatasi Anak yang Tantrum saat di Tempat Umum

Rona tumbuh kembang anak tantrum
Anda Nurlaila • 08 Januari 2020 11:00
Jakarta: Perilaku buruk anak cukup sulit dihadapi di rumah. Namun perlu taktik dan tindakan cepat untuk mengatasi anak yang mengalami tantrum saat berada di ruang publik.
 
Tangisan, perilaku kasar, dan rengekan anak dapat terjadi di mana saja. Ketika di restoran, toko mainan, atau tengah berada di pertemuan keluarga.
 
Meskipun tidak ada cara untuk menghindari momen memalukan ini, Anda dapat meminimalkan rasa malu dan mengatur agar si kecil dapat berperilaku lebih baik di masa depan. Seperti dimuat Parents, ada lima situasi sulit saat berada di tempat umum dan cara menangani tantrum anak. Berikut di antaranya:

Saat berbelanja, memaksa membeli sesuatu

Saat berbelanja bahan makanan bersama, balita Anda dapat memaksa membeli camilan tertentu. Ketika Anda menolak membelinya, anak mulai menjerit sekencang-kencangnya. Sebagian besar orang tua tergoda untuk memenuhi keinginan tersebut atau menyogok anak dengan membolehkannya minum es.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penanganan: Alihkan perhatian anak dengan mainan atau makanan yang dibawa dari rumah selama Anda mengumpulkan bahan makanan dalam keranjang. Jika anak terus merengek minta dia membantu mengambil bahan makanan.
 
Mengatasi Anak yang Tantrum saat di Tempat Umum
 
"Semakin dia merasa dibutuhkan anak semakin kooperatif," kata penulis The Parenting Bible Robin Goldstein.
 
Tetapi jika taktik ini tidak membuatnya tenang, segera masuk ke antrean jalur cepat. Mungkin ada pengantre baik yang memberikan tempatnya untuk Anda.
 
Solusi jangka panjang. Perhatikan pola suasana hati anak di siang hari. Jangan ajak anak belanja tepat sebelum tidur siang. Sebelum ke toko, buat aturan. Seperti membiarkan anak memilih satu jenis barang dan memegangnya selama Anda berbelanja.
 
Jika anak berlaku baik, ia boleh membelinya. Tapi Anda juga perlu realistik. Bahkan dalam kondisi terbaik, anak kecil juga tidak akan sabar berada di toko selama sejam. Lakukan belanja besar di akhir pekan atau saat Anda dapat pergi sendiri.

Berlarian dan menangis di restoran

Makan malam bersama anggota keluarga yang menyenangkan dapat berubah akibat lengkingan anak atau mereka berlarian di dalam restoran.
 
Perbaikan cepat. Ajak anak berjalan-jalan di sekitar restoran sambil menunggu pesanan atau bacakan cerita di dalam mobil. Ketika menunggu, alihkan perhatian anak dengan permainan. Contoh, perlihatkan tiga item di atas meja seperti tempat garam, gula dan serbet. Minta anak menutup mata dan sembunyikan satu. Ajak anak menebak benda apa yang hilang.
 
Mengatasi Anak yang Tantrum saat di Tempat Umum
 
Solusi jangka panjang. Kelaparan dan kebosanan sering memicu perilaku buruk, bawalah makanan ringan yang sehat untuk dimakan anak-anak saat Anda sedang menunggu makan. Sekantong buku, mainan, dan krayon dapat membuat mereka sibuk. Biasakan memesan segera setelah Anda duduk atau memesan lewat telepon untuk menu anak bila memungkinkan dan minta dibawa saat Anda tiba.
 
"Tindakan anak-anak pada akhirnya tergantung toleransi di ruang makan Anda sendiri. Jika Anda membiarkan anak-anak Anda meninggalkan meja begitu mereka selesai makan, mereka tidak akan duduk manis di restoran.Minta anak duduk sabar dan bergilirin menceritakan pengalaman hari mereka," kata profesor psikologi di Universitas William Paterson  Cynthia Northington-Purdie.

Bersikap kasar di taman bermain

Anak dapat berlaku kasar pada anak lain, merebut mainan, mendorong atau berteriak pada anak-anak di sekitar.
 
Penanganan cepat. Cepat datangi anak dan minta ia menghentikan tindakannya. Alih-alih marah, tanyakan pada anak bagaimana jika bermain bersama anak lain. Jika perilaku buruk tidak berhenti, pisahkan anak selama beberapa menit. Tanyakan jika anak siap bermain tanpa mengganggu yang lain. Jika strategi ini tidak membuat perbedaan, saatnya untuk pergi.
 
Solusi jangka panjang. Diskusikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di taman bermain sebelum Anda meninggalkan rumah.

Di mal: menghilang dari pengawasan

Saat berjalan di mal yang ramai, si kecil tiba-tiba berlari dan meninggalkan Anda di belakang.
 
Penanganan cepat. Keselamatan adalah perhatian pertama Anda, abaikan pikiran orang saat Anda menerobos kerumunan untuk mencari anak Anda.
 
Tinggalkan tas belanja dan kereta dorong dan minta orang tua lain. Setelah menemukannya, ajak ke kereta dorong. Jelaskan dengan suara tenang tapi serius bahwa dia harus tetap di sana selama sisa perjalanan Anda.
 
Mengatasi Anak yang Tantrum saat di Tempat Umum
 
Solusi jangka panjang. Anak usia dua tahun dapat memahami konsep tetap dekat dengan ibu dan ayah. Jangan menakuti anak Anda dengan kisah anak-anak yang diculik. Sebaliknya, jelaskan bahwa Anda takut dia akan tersesat. Mainkan 'Lampu merah, lampu hijau' di rumah. Permainan ini mengajarkan anak-anak untuk berhenti ketika mereka mendengar sinyal Anda.

Saat Bertamu

Ketika Anda berkesempatan bertemu teman, anak bisa menjadi mimpi buruk. Menjadikan sofa sebagai trampolin. Atau menunjukkan rasa jijik dan menolak dengan kata-kata memalukan saat ditawari makanan.
 
Tindakan cepat. Jangan mendisiplinkan anak Anda di depan teman, karena anak akan bertindak berlebihan. Bawa dia ke kamar lain di luar pendengaran tuan rumah. Dengan tenang tinjau cara yang tepat bagaimana tindakan saat bertamu.
 
Jika anak bosan karena tidak ada mainan dan percakapannya tentang hal-hal dewasa, cobalah untuk mengajaknya sebanyak mungkin. Lakukan beberapa kegiatan untuk membuatnya sibuk beberapa saat. Jika perilaku anak Anda tidak membaik, kurangi kunjungan. Minta maaf dan berkata, 'Kami akan senang Anda datang ke rumah kami nanti.'
 
Solusi jangka panjang. Banyak anak-anak yang berperilaku tidak pantas di tempat yang tidak dikenal karena tidak tahu apa yang diharapkan dari mereka. Tugas Anda untuk mengajarinya cara yang tepat untuk bertindak dalam lingkungan sosial.
 
Mengatasi Anak yang Tantrum saat di Tempat Umum
 
Pada usia 2 tahun, ajari anak mengatakan 'tolong' 'terima kasih' dan, sama pentingnya, 'tidak, terima kasih.' Buat permainan agar dia mengulangi peraturan kembali kepada Anda. Jika Anda mengunjungi rumah tanpa anak, bawa buku, permainan, dan video. Lakukan banyak latihan peran selama di rumah.

Perilaku buruk saat liburan

Ketika anak Anda bertingkah di depan keluarga Anda di liburan, rasanya sama memalukan seperti di publik. Ada cara memperhalusnya.
 
Saat menolak dicium kerabat yang baru dilihatnya, jangan kritik anak. Beri solusi alternatif seperti tos atau cium jauh.
 
Jika anak merengek karena mendapat sesuatu yang bukan keinginannya, perlihatkan empati. Karena anak sangat jujur. Bicaralah apa yang dia inginkan dan minta maaf pada kerabat setelahnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif