Tips Mengontrol Emosi dalam Rumah Tangga

Sri Yanti Nainggolan 11 Agustus 2018 17:48 WIB
tips keluarga
Tips Mengontrol Emosi dalam Rumah Tangga
Tips Mengontrol Emosi dalam Rumah Tangga (Foto: shutterstock)
Jakarta: Sifat mudah marah tak jarang dapat merusak komunikasi dalam hubungan, termasuk dengan pasangan.

Bagi Anda yang mencari cara untuk meredam amarah untuk menghindari konflik dengan pasangan, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda praktikkan.

1. Pelajari faktor pemicu
Pertama, hindari kebiasaan saling menyalahkan jika Anda merasa kesal dengan beberapa tindakan paaangan. Jika Anda tipikal yang mudah meledak, berarti pasangan Anda bukanlah pemicu amarah. Cobalah bicarakan tentang sifat Anda tersebut, terutama jika Anda merasa bersalah karena marah padanya. Bisa jadi pemicunya adalah masa kecil yang buruk, kegagalan di masa lalu, dan lain-lain.


2. Awasi emosi
Jika Anda merasa ingin marah, cobalah tahan dulu. Tanyakan pada diri sendiri apakah tindakan tersebut tepat atau hanya menutupi ketakutan Anda. Hitunglah 1-50 secara perlahan untuk menenangkan pikiran sebelum berbicara pada pasangan tentang hal yang membuat Anda marah.

3. Melepaskan diri
Terkadang kemarahan Anda bisa disebabkan oleh alasan sepele tetapi pikiran bawah sadar Anda membuat Anda berperilaku dengan cara tertentu. Ketika ini terjadi, cobalah untuk melepaskan diri dari situasi, pikirkan dan bertindak. Cobalah secara sadar untuk melepaskan dan berpikir sebelum bertindak secara impulsif untuk mengendalikan kemarahan.

4. Menulis jurnal
Setiap kali Anda berada di ambang bertindak secara impulsif, mulailah menulis pikiran di atas kertas karena menulis bersifat terapeutik. Menulis membantu menenangkan kemarahan batin yang memicu ledakan dan membuat lebih tenang.

5. Konsultasi dengan terapis
Ya, tak ada salahnya meminta bantuan profesional untuk menangani masalah kemarahan. Kadang-kadang, hal itu dapat membantu menurunkan konflik rumah tangga akibat sifat mudah marah dari salah satu pihak.




 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id