Salah memberikan hidangan saja bisa membuat sang buah hati tak mampu memprosesnya dengan baik. (Foto: Pexels)
Salah memberikan hidangan saja bisa membuat sang buah hati tak mampu memprosesnya dengan baik. (Foto: Pexels)

5 Makanan yang Ramah dengan Pencernaan Bayi

Rona gaya tumbuh kembang bayi
Kumara Anggita • 18 Oktober 2019 16:04
Jakarta: Mengenalkan makanan pertama pada bayi merupakan tantangan bagi para ibu baru. Salah memberikan hidangan saja bisa membuat sang buah hati tak mampu memprosesnya dengan baik.
 
Untuk itu, jangan sampai salah memberi bayi Anda makanan dan minuman. Berikut beberapa makanan yang bisa diperkenalkan pada buah hati tanpa ada rasa cemas.

-Alpukat

Melansir dari RD, alpukat kaya akan lemak sehat yang baik untuk otak dan tubuh, serta vitamin B, E, dan K. Tekstur alpukat yang lembut membuatnya mudah dihancurkan dan dikunyah.
 
Anda juga tak perlu mengolahnya dengan apa pun. Sebab makanan ini secara natural sudah memberikan rasa yang memuaskan buat bayi.

-Kuning telur yang lembut

Kolin dalam kuning telur membuatnya baik untuk otak dan mata bayi Anda. Selain itu, telur adalah sumber lemak dan kolesterol sehat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk menyiapkan makanan ini pada bayi Anda, masaklah dengan kompor. Hancurkan kuningnya agar membuatnya lebih mudah dicerna pada sistem pencernaan anak Anda yang sedang tumbuh.

-Pisang

Pisang tinggi kalium, vitamin B6 dan C, magnesium dan serat. Pisang juga mengandung enzim yang disebut amilase. Enzim ini membantu tubuh mencerna karbohidrat, sehingga menjadikannya makanan pertama yang baik untuk si kecil.

-Labu yang telah dimasak atau ubi jalar

Panggang labu atau ubi jalar untuk menciptakan makanan yang lembut dan manis yang bisa dinikmati bayi Anda. Labu mudah dicerna, mengandung banyak vitamin, mineral, dan rendah nitrat. Ini juga merupakan sumber vitamin A yang dapat digunakan ketika dikombinasikan dengan sedikit lemak.

-Kacang polong

Cara terbaik untuk memberi makan bayi sayuran hijau adalah dengan kacang polong. Pilih kacang polong kemudian haluskan menjadi campuran yang bisa Anda berikan kepada anak Anda.
 
Makanan ini beri bayi Anda vitamin A dan K dalam jumlah tinggi. Selain itu juga ada lagi serat dan protein di dalamnya.

-Kacang hijau

Kacang hijau adalah pilihan lain yang bergizi. Sajikan kacang hijau yang dihaluskan dengan tambahan sedikit air. Kemudian, saat bayi bertumbuh, Anda dapat beralih memberikan kacang hijau utuh, dipotong-potong kecil.
 
Itulah beberapa makanan bergizi yang bisa dicerna anak Anda yang baru mulai makan. Kombinasikan makanan tersebut sesuai dengan kebutuhan sang buah hati.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif