Banyak pula orang tua yang merasa terganggu dengan konsep tidur terpisah ini--Ilustrasi/Pexels
Banyak pula orang tua yang merasa terganggu dengan konsep tidur terpisah ini--Ilustrasi/Pexels

Bayi Idealnya Tidur Terpisah dengan Orang Tua

Rona gaya bayi
Kumara Anggita • 08 November 2019 07:04
Jakarta: Selama ini bayi idealnya tidur di tempat terpisah, karena orang tua bisa secara tidak sengaja menindihnya. Risiko kematian bayi mendadak begitu besar.
 
Namun banyak pula orang tua yang merasa terganggu dengan konsep tidur terpisah ini. Untuk menjawab keraguan ini, Attndotcom menjelaskan keuntungan dari bayi yang dibawa tidur dengan orang tua serta risikonya.
 
Dokter Anak, Marion Koso-Rhomas mengungkapkan bahwa tempat terbaik untuk bayi tidur adalah di area tidurnya sendiri. Khususnya ini berlaku pada orang tua yang merokok, minum alkohol, atau suka tertidur di sofa bersama bayi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebiasaan-kebiasaan ini dianggap meningkatkan risiko bayi terkena celaka. Di sisi lain, bayi yang tidur dengan orang tua memberikan manfaat tersendiri. Penelitian menunjukan bahwa bayi yang tidur di kamar yang sama lebih sehat untuk sang bayi.
 
Bila Anda merasa bahwa tidur dengan bayi merupakan hal yang paling tepat dilakukan maka Dokter di Selandi Baru telah menawarkan cara yang aman. Angka kematian bayi menurun hingga 30 persen dengan ini.
 
Namun beberapa ahli masih mengatakan bahwa manfaat baik yang diberikan dari tidur tak terpisah ini tak sebanding dengan risikonya.
 
“Pedoman kami bahwa seorang bayi, terutama di bawah usia satu tahun, harus memiliki area tidur yang terpisah, teridentifikasi, terdesain khusus. Dan tempatnya  bukan di tempat tidur orang tua,” ujar Koso
 
Cara simpel lainnya yang aman adalah dengan menyediakan tempat tidur khusus untuk sang buah hati yang aman untuk diletakan di tempat tidur. Untuk lebih aman lagi, carilah tempat tidur bayi dan letakan di samping tempat tidur Anda.
 
Dengan seperti itu, Anda masih bisa berdekatan dengan bayi tanpa harus khawatir Anda menindihnya. Hal ini akan memberi kenyamanan baik bagi Anda dan juga sang bayi. Ikatan bisa semakin kuat, Anda juga tak perlu bolak balik berjalan jauh ke kamarnya ketika dia menangis.
 
Semua kembali lagi pada pengetahuan dan apa yang Anda percaya. Mau tidur bersama atau terpisah yang penting sang buah hati selalu dalam keadaan aman.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif