Berikut beberapa makanan yang sering kedaluwarsa tanpa diketahui. (Foto: Pexels.com)
Berikut beberapa makanan yang sering kedaluwarsa tanpa diketahui. (Foto: Pexels.com)

Waspadai Makanan Rentan Kedaluwarsa dalam Kulkas

Rona keluarga tips dan trik teknologi
Anda Nurlaila • 12 April 2019 18:59
Aneka makanan dan bahan makanan tanpa Anda sadari bisa jadi sudah memasuki tanggal kedaluwarsa. Contohnya seperti daging deli yang Anda beli. Tanda daging sudah rusak bisa Anda kenali yaitu permukaan daging berlendir, baunya seperti cuka, amonia, atau ragi, atau jika ada jamur atau pertumbuhan lain pada daging atau bungkusan. Jika sudah begini, ada baiknya tak Anda konsumsi.
 

 
Jakarta:
Kerap kali karena makanan yang menumpuk dalam lemari es kedaluwarsa meski tanpa mengeluarkan aroma busuk. Salah satu cara paling praktis mengetahuinya adalah dengan melihat tanggal kedaluwarsanya.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun ada beberapa makanan yang sulit diketahui karena telah tanpa kemasan atau makanan sisa. Berikut beberapa makanan yang sering kedaluwarsa tanpa diketahui, seperti dikutip dari Readers Digest.

1. Daging deli

Daging iris dalam kemasan plastik akan berkurang kesegarannya. Produsen daging umumnya merekomendasikan konsumsi daging jenis ini dalam tiga sampai lima hari setelah pembelian. Meskipun begitu, sebagian besar masih aman dikonsumsi dalam 7-10 hari. 
 
Tanda daging sudah rusak: Permukaan daging berlendir, baunya seperti cuka, amonia, atau ragi, atau jika ada jamur atau pertumbuhan lain pada daging atau bungkusan.

2. Hot dog

Daging olahan seringkali memiliki umur simpan lebih lama, tapi tidak selamanya demikian. Paket daging hot dog yang belum dibuka masih berkualitas baik sekitar dua minggu di lemari es.
 
Setelah membuka bungkusnya, umur simpan hanya seminggu. Hot dog yang sudah dimasak bisa bertahan seminggu lagi. 

3. Bawang putih

Bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan. Untuk hasil terbaik, simpan umbi bawang putih utuh pada suhu kamar di tempat yang gelap dan kering. Jika terlalu banyak menyiapkan bawang putih kupas, gunakan segera. 
 
Bawang putih cincang mulai berubah dalam beberapa jam, dan satu siung penuh bertahan sekitar satu minggu. Jika tunas atau akar mulai tumbuh, segera buang. 
 
(Baca juga: Tips Menyimpan Bumbu Masakan dalam Kulkas)
 
Waspadai Makanan Rentan Kedaluwarsa dalam Kulkas
(Aneka makanan dan bahan makanan tanpa Anda sadari bisa jadi sudah memasuki tanggal kedaluwarsa. Periksa kondisi makanan di dalam lemari pendingin Anda. Foto: Pexels.com)

4. Telur cair

Meskipun nyaman, telur cair yang sudah dibukan akan cepat memburuk. Foodsafety.gov merekomendasikan untuk mengonsumsi produk telur terbuka dalam dua hingga tiga hari. 
 
Jika belum dibuka, produk-produk ini dapat bertahan selama berbulan-bulan. Tetapi begitu segelnya rusak, tanggal kedaluwarsa tercetak menjadi batal dan tidak berlaku, jadi masaklah segera.

5. Mayones

Tanggal penggunaan pada botol mayones sering masih lama, tetapi setelah dibuka, produk akan cepat memburuk meski disimpan dengan benar. USDA merekomendasikan bahwa setelah dibuka, mayones harus digunakan dalam waktu dua bulan. 
 
Jika mayones disimpan pada suhu kamar selama lebih dari dua jam buang saja terlepas tanggal kedaluwarsanya. Mayones buatan sendiri harus dikonsumsi dalam waktu lima hari.

6. Makanan sisa

Bahkan ketika disimpan dengan benar dalam wadah kedap udara, sisa makanan yang dimasak harus dimakan dalam dua hingga tiga hari setelah menyimpannya.
 
Menurut pedoman keamanan makanan Mayo Clinic, pastikan makanan tidak dingin sebelum menyimpannya. Bakteri makanan berkembang biak paling cepat pada suhu 4-60 derajat Celcius. 

7. Saus berbasis tomat

Seperti saus lainnya, setelah kaleng atau botol bertekanan dibuka dan terpapar udara, saus berbasis tomat mulai memburuk. Terlepas dari tanggal penggunaan pada tutupnya, konsumsilah saus tomat terbuka dalam waktu lima hari, sesuai saran FDA.

8. Bumbu

Sebagian besar bumbu memiliki masa simpan yang hampir tidak terbatas ketika belum dibuka, Tapi segera gunakan dan habiskan setelah dibuka.
 
Setiap bumbu memiliki ambang kedaluwarsa berbeda, perhatikan konsistensi warna dan tekstur serta aroma bumbu sebelum menggunakan bumbu yang pernah dipakai untuk menjaga makanan untuk keluarga tetap aman.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif