Tips Menyimpan Bumbu Masakan dalam Kulkas
"Yang terpenting adalah jika menyimpan bumbu di dalam kulkas, harus dibungkus dengan ketat," pesan William Wongso. (Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)
Jakarta: Indonesia terkenal dengan keragaman bumbu dan ciri khas bumbu yang sangat kental pada setiap masakannya.

Hal itu tidak terlepas dari kekayaan bumbu-bumbu yang terdapat di nusantara yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Dalam proses pemasakannya pun perlu diperhatikan sampai ke hal-hal terkecil, salah satunya adalah bumbu yang digunakan.

“Untuk pemilihan bumbu, yang pasti adalah harus sabar, rajin dan sabar juga dalam memilihnya. Jika ingin mendapatkan bumbu yang halus bisa diulek tetapi kalau dalam jumlah banyak bisa menggunakan blender,” ujar William Wongso, pakar kuliner Indonesia di kawasan JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Kami, 22 November 2018.



("Yang terpenting adalah jika menyimpan bumbu di dalam kulkas, harus dibungkus dengan ketat," pesan William Wongso. Foto: Marie Grob/Unsplash.com)

(Baca juga: Rahasia Memasak Nasi Goreng Enak ala William Wongso)

Selain itu, menurut William Wongso agar lebih mudah dalam penggunaannya bisa juga menggunakan bumbu yang sudah disimpan dalam lemari pendingin.

“Kalau membuat dalam jumlah banyak, bisa disimpan dalam freezer di wadah tertutup yang tidak terkena udara sehingga akan lebih gampang jika ingin digunakan kembali.”

“Yang terpenting adalah jika menyimpan bumbu di dalam kulkas, harus dibungkus dengan ketat. Jangan sampai ada udara yang masuk karena kalau udara masuk kan bisa menjadi lembap dan bisa terjadi bunga es sehingga akan membuat bumbu dan masakan menjadi tidak segar seperti semula,” jelas William Wongso.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id