ilustrasi---(Foto: Pexels.com)
ilustrasi---(Foto: Pexels.com)

Tahapan Duduk Bayi Anda

Rona bayi
Timi Trieska Dara • 01 Oktober 2019 15:05
Jakarta: Menyaksikan bayi Anda memperoleh kebebasan bergerak adalah hal yang mengasyikkan. Sebuah prestasi besar yang dinanti-nantikan setiap orang tua adalah ketika dia bisa duduk sendiri.
 
Dokter anak Kurt Heyrman, M.D. mengatakan ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu bayi mendapatkan keterampilan motorik besar ini dan membantunya duduk sendiri. Begini cara untuk membantu anak duduk sendiri seperti dikutip parents.
 
Sebelum Dia Duduk

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengetahui apa yang harus dicari dan bagaimana membantu bayi Anda belajar duduk sendiri adalah penting. Bayi Anda mungkin mulai duduk sejak usia 4 bulan atau paling lambat 9 bulan. Jangan coba tergesa-gesa. Menurut dokter anak, Dr. Kurt Heyrman, Anda harus memastikan ia memiliki beberapa keterampilan motorik besar tertentu seperti ia harus dapat menahan lehernya, memiliki keseimbangan, dan memiliki otot-otot tubuh.
 
Bersiap untuk Duduk
 
Sejak lahir, bayi Anda akan memiliki waktu perut, di mana bayi menghabiskan waktu bermain dengan perutnya yang membantu memperkuat otot leher, perut, dan punggung bayi Anda. Secara umum, otot-otot bayi menguat dari kepala hingga kaki, jadi setelah otot lehernya menguat, punggung atas dan punggung bawahnya berikutnya. Anda akan tahu otot-otot itu semakin kuat ketika dia mulai mengangkat kepalanya dari lantai untuk melihat secara horizontal.
 
Untuk membantu bayi mendapatkan keterampilan motorik yang besar ini, ubah posisinya sesering mungkin. Misalnya, pindahkan dia dari punggung ke perut dan dari boks bayi ke lantai. Dr. Heyrman mengingatkan: "Pastikan dia mendapat waktu perut hanya ketika dia bangun dan ketika Anda berada di ruangan untuk mengawasinya."
 
Masalah Waktu Perut
 
Pada awalnya, bayi Anda mungkin tidak suka telungkup dengan perutnya. Tetapi sangat penting baginya untuk bersenang-senang saat ini. Begitulah cara dia mendapatkan otot-otot yang dibutuhkan untuk duduk dan tonggak masa depan.
 
Anda mungkin mencoba meredakannya dengan meletakkannya di dada dengan perut menghadap ke bawah dan wajahnya menatap Anda. Kemudian Anda dapat mencoba menempatkan bantal berbentuk C seperti Boppy, di bawah ketiaknya, menopang dadanya dan membiarkan kepalanya sedikit lebih jauh dari tanah.
 
Titik Periksa
 
Setelah bayi Anda dapat mengangkat kepalanya sendiri (biasanya sekitar 3 hingga 4 bulan), Anda dapat mendudukkannya di kursi yang mendukung seperti kursi Bumbo. Pastikan untuk selalu mengawasi bayi Anda saat berada di kursi Bumbo atau yang serupa. Anda juga dapat menggunakan bantal untuk menopang bayi Anda dan membantunya duduk.
 

Ketika bayi tumbuh lebih kuat, dia akan bisa duduk selama beberapa detik ketika Anda menempatkannya dalam posisi duduk. Awalnya dia akan goyah. Dia bisa mengangkat kepalanya tegak dan sedikit menyeimbangkan tetapi biasanya hanya beberapa detik gemetar. Meskipun dia akan sering jatuh atau jatuh pada tahap ini, dia belajar. Latihan menjadi sempurna, jadi bersabarlah. "Pada usia 6 bulan," kata Dr. Heyrman, "kebanyakan bayi seharusnya dapat duduk selama satu atau dua detik sendirian."
 
Bangun Keseimbangan
 
Bayi perlu belajar keseimbangan sebelum bisa duduk sendiri. Meskipun memiliki otot-otot tubuh yang baik membantu ini, tidak semua yang mereka butuhkan. Keseimbangan adalah neuromuskuler, jadi sebelum bayi Anda dapat duduk, ia membutuhkan kekuatan otak tertentu.
 
Untuk membantunya mendapatkan ini, Anda bisa menempatkannya di sudut kursi atau sofa sehingga dia bisa mulai merasakan bagaimana rasanya duduk. Jika Anda ingin bekerja sama, duduklah di lantai dengan kaki bersilang dan biarkan dia duduk di antara betis dan hamstring di mana ia akan didukung dengan aman.
 
Tripod Sit
 
Ketika seorang bayi sedang belajar untuk duduk, biasanya mengeluarkan satu atau kedua lengan untuk membantu menstabilkan batang tubuh, pada dasarnya mengubah lengan menjadi kickstand untuk menahan berat badannya. Ini adalah tripod duduk. Sampai bayi Anda mengembangkan inti yang kuat itu, ia akan membutuhkan sedikit bantuan untuk menyeimbangkan ketika ia mencoba duduk sendirian.
 
Pastikan untuk menjaga bayi pada sesuatu yang lunak selama minggu-minggu awal duduk ini untuk membantu melembutkan jatuh ketika dia agak goyah. Sekitar 4 bulan, bayi juga menjadi lebih sadar tentang apa yang terjadi di sekitarnya. Dia mungkin terganggu saat duduk dan kehilangan keseimbangan. Pastikan dia diawasi atau jauh dari tepi kursi atau sofa yang bisa jatuh.
 
Produk yang Membantu
 
Otot leher, punggung atas, dan punggung bawah yang kuat diperlukan untuk duduk sendiri. Bersamaan dengan menopang dia dengan penyangga bantal atau menyandarkannya pada sesuatu yang lembut, gunakan kursi seukuran anak kecil sehingga bayi berlatih duduk. ExerSaucer, bantal Boppy, kursi Bumbo, dan Jonny Jumps - adalah cara yang baik untuk mendorong pertumbuhan otot.
 
Apa yang Dapat Anda Lakukan
 
Letakkan bayi Anda di punggungnya sehingga Anda bisa perlahan-lahan menariknya ke atas dengan posisi duduk. Heyrman menyarankan cara terbaik untuk belajar: bujukan. Bayi sudah suka melihat dirinya di cermin. Coba letakkan satu yang sedikit terlalu tinggi untuk dilihat; ini akan mendorongnya untuk duduk. Gagasan penguatan otot lainnya: Pegang bayi Anda di bawah lengan agar ia dapat meletakkan kakinya di lantai. Bayi belum bisa berdiri sendiri, tetapi menggendongnya dalam posisi itu membantu mendapatkan lebih banyak kekuatan inti.
 
Dipersiapkan
 
Setelah bayi Anda bisa duduk sendiri, Anda harus melakukan penyesuaian pada kamarnya. Pada 6 bulan, lengannya sangat kuat dan dia akan meraih segalanya. Periksa sekeliling boks dan letakkan benda berbahaya di luar jangkauan. Misalnya, Anda ingin menyingkirkan ponsel sehingga bayi tidak tertimpa ponsel saat menariknya. Juga, turunkan kasur boks bayi sehingga dia tidak akan bisa keluar dari boks itu.
 
Perhatian
 
Meskipun bayi Anda cukup kuat untuk mengangkat kepalanya dan sekarang duduk sendiri, ia tidak siap untuk menghadap ke depan di dalam mobil. Masih ada risiko tinggi cedera di mobil, jadi jaga agar kursi mobil bayi Anda tetap menghadap ke belakang.
 
Selanjutnya, Merangkak
 
Setelah bayi Anda memiliki kemampuan untuk duduk, ia akan terus mendapatkan kekuatan di bagian bawah tubuhnya. Ia akan mendapatkan kekuatan yang cukup untuk memutar pinggulnya pada saat yang sama atau tidak lama setelah ia belajar duduk. Tidak terlalu lama setelah duduk, bayi akan bisa merangkak.
 


 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif