Mengamati perilaku anak di media sosial boleh, tapi jangan memasuki ruang privasinya (Foto: Pixabay)
Mengamati perilaku anak di media sosial boleh, tapi jangan memasuki ruang privasinya (Foto: Pixabay)

Pentingnya Mengawasi Remaja dalam Menggunakan Media Sosial

Rona gaya tips keluarga
Medcom • 25 Oktober 2019 17:02
Jakarta: Media sosial saat ini menjadi wadah untuk para remaja mengekspresikan seluruh perasaannya. Berbagai momen dibagikannya melalui media sosial, dengan mengunggah sebuah tulisan, foto bahkan video.
 
Selain itu, mereka juga akan mendapatkan dan menerima sebuah informasi. Tapi, apakah informasi yang mereka dapatkan selalu berdampak positif bagi mereka? Belum tentu juga.
 
Sebab remaja belum bisa sepenuhnya membedakan mana yang akan memberikan dampak positif dan negatif untuk mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai orang tua pasti Anda memiliki rasa khawatir dan cemas bila anak Anda ketergantungan terhadap media sosial. Sebagai orang tua pula, perlukah mengawasi kegiatan media sosial mereka?
 
Saat ini teknologi sudah semakin maju dan memudahkan Anda sebagai orang tua untuk mengawasinya. Bahkan, banyak orang tua melakukan pemeriksaan terhadap akun media sosial anak mereka.
 
Seperti analisis baseball, Alex Rodrigues mengakui dirinya menggunakan akun instagram palsu untuk mengikuti instagram putrinya.

-Remaja lebih aktif menggunakan media sosial

Menurut studi yang diterbitkan oleh JAMA Psychitary September lalu, usia dari 12 hingga 15 tahun, banyak remaja menggunakan media sosial lebih dari tiga jam per harinya. Padahal pPenggunaan yang lama akan berisiko terhadap kesehatan mental mereka. Seperti depresi, kecemasan, dan agresi.
 
Selain menganggu kesehatan mental, aktivitas tersebut dapat mengganggu pendidikan dan masa depannya. Bahkan dapat memengaruhi remaja untuk menggunakan narkoba atau disebut krisis opioid.
 
Hampir 45 persen remaja mengatakan, mereka ketagihan online bahkan melakukannya hampir terus-menerus. Sehingga normal bagi orang tua, ingin melindungi anak remajanya dari dampak buruk tersebut.

-Apakah baik memata-matai anak remaja?

Memata-matai terdengar seperti konotasi negatif. Gail Saltz, M.D. selaku profesor psikiater klinis di RS Presbyterian New York mengatakan, secara definisi, Anda melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keinginan orang tersebut dan menyerang privasi mereka.
 
"Padahal yang ingin Anda lakukan hanyalah memantau sang anak," terang Gail.
 
Mungkin sempat timbul pertanyaan, apakah antara melindungi dan membimbing anak dapat melanggar privasi mereka?
 
Menurut para ahli, orang tua bisa memantau aksi mereka, tapi jangan terlalu sering. Seperti seminggu sekali. Lisa Strohman, Ph.D seorang psikologis klinis menambahkan, orang tua dapat menggunakan aplikasi untuk mengikutinya di media sosial atau meminta langsung kata sandinya.
 
Dr. Strohman mengatakan lebih baik saling terbuka antara orang tua dengan anak perihal penggunaan media sosial.
 
"Anda dapat mengatakan 'mama senang memberikan kamu smartphone ini, namun tetap ada ketentuan penggunaan dan mama akan melakukan pemantauan untuk memastikan kamu aman," begitu kata Dr. Strohman.
 
Saat melakukan pemantauan sebagai orang tua terdapat batasan apa saja yang boleh dilihat oleh Anda. Asalkan, Dr. Saltz menyarankan agar tidak melihat pesan teks yang merupakan percakapan pribadi.
 
"Anda tidak memiliki hak untuk memeriksa ruang percakapannya dengan teman mereka," tambahnya.
 
Bila Anda melihat sesuatu yang mencurigakan, di sinilah Anda sebagai orang tua dapat mengambil sebuah tindakan. Selain itu, memastikan dan bicaralah terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan.
 
"Jika berpikir anak Anda akan bunuh diri atau melakukan sesuatu yang berbahaya, katakanlah semua yang disepakati akan dibatalkan," kata Dr. Saltz.

-Buatlah mereka bertanggung jawab

Menggunakan smartphone dan mengakses media sosial tidak sama saat mereka mengendarai sebuah kendaraan seperti mobil. Karena sebelum mengendarainya, mereka harus lulus tes mengemudi dan tes jalan.
 
Dr. Strohman menyarankan sebaiknya Anda mengajarkan anak cara tetap aman di media sosial dan menggunakannya secara bertanggung jawab. Berilah penjelasan tentang teknologi sejak dini tentang aspek positif dan mengingatkan untuk menggunakannya dengan aman.
 
Azda Mazhida
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif