Apa itu adrenache pada anak? Berikut informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Apa itu adrenache pada anak? Berikut informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Mengenal Adrenarche, Lonjakan Hormon Sebelum Pubertas

Rona keluarga perkembangan anak perkembangan remaja
Timi Trieska Dara • 31 Agustus 2020 09:00
Jakarta: Seorang ibu empat anak perempuan mendapati putri keduanya yang berusia tujuh tahun tiba-tiba berubah dari seorang gadis kecil yang ceria dan santai menjadi seorang anak pemarah yang lepas kendali karena hal-hal sepele.
 
Awalnya ia berpikir ada sesuatu yang terjadi karena sekolah tetapi setelah berbicara dengan gadis kecil itu tentang perasaannya, dia mengaku tidak tahu mengapa dia begitu kesal dan marah.
 
Ketika si ibu bertanya dengan guru, mereka mengatakan bahwa perubahan hormonal yang dialami anak-anak selama kelas dua SD terkadang lebih buruk daripada pubertas itu sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia pun belajar mengenai alasan perubahan perilaku putrinya yakni fase perkembangan yang disebut Adrenarche. Dalam Wikipedia dan beberapa sumber, Adrenarche bisa dibilang sebagai perubahan hormon lain saat pubertas.
 
Para ilmuwan telah melihat lebih dekat pada tahap ini dan percaya bahwa anak-anak mulai mengalami lonjakan hormon antara usia enam dan delapan tahun, yang dapat menyebabkan peningkatan emosi.
 
Penelitian yang dilakukan di Australia untuk Childhood to Adolescence Transition Study menemukan bahwa anak-anak kelas dua dan tiga SD mengalami peningkatan androgen adrenal - hormon yang berperan besar dalam masa pubertas beberapa tahun kemudian. 
 
Peningkatan alami pada androgen adrenal ini terjadi pada semua anak, meskipun mereka mungkin tidak semuanya menunjukkan suasana hati atau perubahan perilaku.
 
 
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif