Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

10 Fakta tentang Vernix, Lapisan Putih pada Bayi Baru Lahir

Rona tumbuh kembang bayi
Anda Nurlaila • 01 Desember 2019 17:14
Jakarta: Saat bayi dilahirkan, sebagian tubuhnya kerap diselimuti lapisan berwarna putih seperti keju. Lapisan itu dinamakan vernix. Kepala, wajah, dan punggung adalah bagian tubuh yang seringkali terdapat lapisan ini.  
 
Seperti yang dimuat dalam Parents, ada beberapa fakta yang jarang diketahui orang tua tentang vernix ini. Berikut di antaranya:

1. Perlindungan

Ketika masih dalam kandungan, di kulit bayi ada lapisan tebal, putih, seperti keju yang disebut vernix caseosa. Fungsi utamanya membantu melindungi kulit halus dari asamnya cairan ketuban dan membantu mencegah infeksi.

2. Pelembap

Vernix juga produk kecantikan pertama bayi. Zat kental ini bertindak sebagai sealant, melindungi kulit bayi dari efek pengeringan cairan ketuban. Tanpa vernix, bayi baru lahir akan terlihat seperti buah prune besar yang berkeriput.

3. Pelumas

Lendir licin berfungsi ganda sebagai pelumas, membantu bayi Anda meluncur keluar dari jalan lahir dengan sedikit lebih mudah.

4. Selimut pertama bayi

Lapisan putih ini adalah penghangat bayi, melindungi tubuhnya dan mempertahankan suhu yang tepat dan nyaman di dalam rahim.

5. Hanya ada pada manusia

Manusia adalah satu-satunya mamalia yang bayi baru lahirnya dilapisi vernix.

6. Meredam suara

Meskipun calon bayi Anda dapat mulai mendengar suara Anda sekitar minggu ke-25, suaranya cukup redup karena telinganya ditutupi dengan vernix yang melindungi suara.

7. Terkadang tidak ada

Jika bayi Anda terlambat lahir, vernix mungkin sedikit atau tidak ada sama sekali. Alasannya kemungkinan sudah terserap dalam cairan ketuban.

8. Anda bisa membiarkannya

Jangan terlalu cepat menyeka kotoran berlendir ini dari kulit bayi yang baru lahir. Penelitian menunjukkan bahwa menghilangkan vernix tidak diperlukan karena alasan higienis, dan membiarkannya bahkan dapat mempromosikan antibakteri dan penyembuhan luka. Organisasi Kesehatan Dunia menyarankan untuk menunda mandi pertama bayi selama 24 jam.

9. Tidak selalu putih

Vernix bayi baru lahir bukan saja putih krem tetapi warna cokelat kekuningan atau hijau. Ini indikator bahwa bayi sudah mengeluarkan kotoran pertamanya. Vernix jenis ini harus segera dibersihkan.

10. Ada dalam lipatan

Jangan kaget jika Anda menemukan zat lengket ini tersembunyi di sudut dan celah popok bayi. Vernix sering tertinggal di lipatan vagina selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu. Usap perlahan atau biarkan saja.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif