Mencetak anak cerdas bisa dilakukan sejak masih di dalam kandungan (Foto:Everydayfamilies)
Mencetak anak cerdas bisa dilakukan sejak masih di dalam kandungan (Foto:Everydayfamilies)

Ingin Punya Anak Cerdas? Intip Yuk 7 Rahasianya!

Rona hamil
Rosa Anggreati • 30 Desember 2015 23:34
 

Artikel ini hasil kolaborasi dari Friso dan Metro TV.
 
 

Semua orang tua tentu ingin memiliki anak yang sehat dan cerdas. Mencetak anak cerdas bisa dilakukan sejak masih di dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu sudah harus mempersiapkan diri sedini mungkin, mulai dari informasi seputar kehamilan dan persalinan, aktivitas untuk mendukung kehamilan sehat, hingga asupan nutrisi tepat selama mengandung dan menyusui nantinya.
 
 

Ibu hamil harus memerhatikan makanan yang disantap karena tumbuh kembang janin bergantung pada nutrisi dalam makanan tersebut. “Apa yang Anda makan selama masa kehamilan akan berpengaruh terhadap perkembangan otak dan intelegensi anak di masa depan, termasuk apa yang Anda lakukan setelah anak lahir,” ucap Wakil Direktur Medis March of Dimes, Diane Ashton, M.D., M.P.H.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Untuk mendukung kecerdasan buah hati sejak di dalam kandungan, Anda dapat melakukan delapan hal berikut:
 
 

1. Ajak bicara
 

Mungkin terasa aneh berbicara dengan seseorang yang tidak terlihat wujudnya. Namun, berbicara dengan janin di dalam kandungan akan menstimulasi dan membantu perkembangan otak janin. Caranya, elus perut Anda dengan lembut sambil mengajaknya bicara. Misal, bertanya kabarnya, atau sekadar bercerita tentang pengalaman yang Anda lalui hari ini. Konsultan Parenting Harold Koplewicz, MD, dari Child Mind Institute, di New York City, menjelaskan, penelitian menunjukkan bahwa janin dapat mendengar dan menanggapi suara. Beberapa penelitian lain juga telah menunjukkan bahwa janin menjadi tenang ketika diajak berbicara. Janin dapat mengenali suara dan dapat irama yang mereka dengar di dalam rahim.
 
 

2. Hindari stres
 

Selama mengandung, sedapat mungkin Anda harus menjauhkan diri dari stres. Sebab, ketika sedang stres, tubuh akan melepas hormon kortisol. Pelepasan hormon kortisol akan mengakibatkan perubahan proses metabolisme tubuh, memicu ketidaknormalan kadar gula darah, mempercepat penyusutan tulang pemicu osteoporosis, serta mengganggu sistem kekebalan tubuh. Dampak hormon kortisol pun tidak baik bagi janin karena akan mengganggu proses pertumbuhan fisik dan mental. Jadi, sebisa mungkin buat diri Anda senyaman mungkin dalam segala kesempatan agar terhindar dari stres.
 
 

3. Mendengarkan musik
 

Mendengarkan musik lembut seperti musik klasik Mozart dapat meningkatkan kecerdasan anak. Musik klasik juga berdampak positif bagi ibu hamil karena bersifat menenangkan dan meningkatkan mood. Perasaan positif pada diri ibu akan turut dirasakan pula oleh janin yang dikandungnya.
 
 

4. Olahraga
 

Lakukan olahraga ringan atau ikuti kelas senam ibu hamil. Olahraga akan membuat stamina Anda kuat ketika menjalani proses persalinan, sekaligus memperkuat otak anak. Penelitian yang dilakukan Journal of American College of Sports Medicine memperlihatkan, anak-anak dari ibu yang berolahraga selama kehamilan mendapatkan nilai lebih tinggi dalam tes kemampuan bahasa dan kecerdasan pada usia lima tahun dibandingkan anak-anak dari ibu yang tidak berolahraga. Mengapa? Hormon stres kortisol cenderung menurun ketika Anda berolahraga. Para ahli merekomendasikan 30 menit olahraga ringan untuk wanita hamil setiap hari.
 
 

5. Tidak merokok, minum alkohol, dan obat terlarang
 

Rokok, minuman beralkohol, dan obat terlarang berefek sangat buruk bagi perkembangan mental serta fisik anak Anda. Jauhi rokok, bahkan hindari berdekatan dengan orang yang merokok. Sebab, perokok pasif lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif.
 
 

6. Jalan-jalan di taman
 

Buat jadwal rutin berjalan-jalan di taman, misalnya, setiap pagi atau sore hari. Dengan berjalan-jalan di taman, janin dalam kandungan akan belajar mendengarkan dan mengenali suara yang berbeda. Suara burung, suara kendaraan, suara tawa riang anak-anak akan memstimulasi perkembangan otak janin. Hal ini juga bisa menjadi ajang refreshing untuk Anda.
 
 

7. Asupan nutrisi
 

Otak anak berkembang dengan pesat. Dia memerlukan banyak nutrisi penting untuk menjamin perkembangan otaknya. Jadi, pastikan Anda makan makanan yang kaya nutrisi penting seperti asam folat dan vitamin B. Asam folat telah lama dikenal memainkan peran penting dalam pembentukan sel-sel otak yang sehat. Studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi asam folat awal sejak empat minggu sebelum hamil hingga delapan minggu kehamilan, memiliki risiko 40 persen lebih rendah melahirkan anak dengan autisme.
 
 

Untuk mendapatkan lebih banyak asam folat dalam menu Anda, konsumsi sereal, kacang, dan sayuran hijau seperti bayam. Asam lemak, terutama DHA omega-3, juga berdampak besar pada produksi neuron, saraf-saraf di otak yang melepas impuls listrik dan mengirim pesan ke seluruh tubuh.


 
Pastikan ada salmon dan ikan berlemak lainnya, kenari, biji rami, kacang tanah, serta telur yang diperkaya omega-3 dalam menu harian Anda. Zat besi juga penting untuk pertumbuhan sel-sel darah merah yang sehat, yang membawa oksigen ke otak bayi. Daging merah merupakan sumber zat besi terbaik, tetapi juga dapat ditemukan dalam produk nabati seperti kacang-kacangan, bayam, tahu, dan sereal.
 
Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin di kandungan, Anda juga bisa mengonsumsi susu. Salah satu yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Frisomum Gold yang mengandung prebiotik, probiotik, ALA, LA, nukleotida, asam folat, kalsium, serta zat besi untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi sembelit selama masa kehamilan.
 
 

Setelah melahirkan, Anda juga tetap dapat menjaga asupan nutrisi si kecil tetap terpenuhi dengan Friso Gold 3 (usia 1-3 tahun) dan Friso Gold 4 (usia 3-12 tahun), yang mengandung Prebiotik, Probiotik, ALA, LA, Nukleotida, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Zink, Zat Besi, Selenium, dan Kalsium. Konsep Single Process memastikan susu Friso tidak dipanaskan secara berlebih, sehingga kualitas nutrisi alami susu tetap terjaga, serta mudah dicerna dan diserap tubuh. Bersama Friso, Anda dapat mendukung perkembangannya secara menyeluruh, serta memperkuat daya tahan tubuhnya dari dalam.

 

Nah... menjelang akhir 2015, Friso menawarkan berbagai promo menarik yang hanya ada di www.shop.friso.co.id. Anda bisa mendapatkan 15% off untuk pembelian pertama di www.shop.friso.co.id (hanya berlaku untuk kaleng pertama). Bagi ibu hamil, Anda dapat menikmati pembelian beli 2 kaleng Frisomum Gold, dapat 1 kaleng gratis. Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga bisa menjaga asupan gizi si kecil, sekaligus menghadiahkannya satu payung anak lucu, dengan membeli Friso Gold 3 (untuk usia 1-3 tahun) dan Friso Gold 4 (untuk usia 3-12 tahun) ukuran 900 gr. Bahkan untuk memudahkan pembelian, Friso menerima pemesanan di seluruh Indonesia, gratis biaya antar ke seluruh Indonesia tanpa pembelian minimum. Pembayarannya pun mudah dan fleksibel, yaitu melalui transfer bank, bayar di tempat, atau bayar dengan kartu kredit.*
 
 

Untuk dapat menikmati promo ini, Anda cukup buka website www.shop.friso.co.id dan lakukan registrasi. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, buruan belanja hemat dan cermat untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.
 
 


 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif