Berikut ini adalah cara membersihkan dan menyemir sepatu kulit dan suede. (Foto: Radek Skrzypczak/Unsplah.com)
Berikut ini adalah cara membersihkan dan menyemir sepatu kulit dan suede. (Foto: Radek Skrzypczak/Unsplah.com)

Cara Membersihkan dan Menyemir Sepatu Kulit

Rona gaya Cara menyemir sepatu kulit
Anda Nurlaila • 23 Oktober 2019 18:16
Jakarta: Perawatan secara teratur dapat membuat sepatu lebih tahan lama dan nyaman digunakan. Sepatu kulit sering kali memiliki harga mahal sehingga perawatan yang tepat akan membuat sepatu lebih lama digunakan.
 
Mengutip Thetrendspotter, berikut beberapa langkah sederhana untuk merawat sepatu kulit. Yang paling penting adalah konsistensi dalam perawatan sepatu Anda.
 

1. Membersihkan

Mulailah dengan mengenakan sepasang sarung tangan dan letakan koran di atas meja. Selanjutnya, oleskan air ke spons dan bersihkan kotoran yang terlihat di permukaan sepatu. Setelah bersih, Anda dapat melanjutkan dengan memberi pelembut dan pemoles yang sesuai.

2. Pemberian kondisioner

Langkah selanjutnya adalah memastikan sepatu kulit Anda tidak terlalu keras atau kering hingga Anda tidak dapat memakainya lagi. Oleskan kondisioner ke kain, gosok produk sehingga tersebar merata di sepatu. Sepatu akan lebih lembut dan lebih nyaman saat bersentuhan dengan kulit Anda.
 
Cara Membersihkan dan Menyemir Sepatu Kulit
(Salah satu hal yang bisa Anda lakukan dalam merawat sepatu suede adalah sikat sepatu suede dalam satu arah untuk mengeluarkan kotoran. Foto: Pexels.com)

3. Poles

Gunakan semir yang berwarna sama dengan sepatu. Semir berwarna coklat atau hitam lebih mudah ditemukan daripada semir dengan warna lain. Dengan kain lembut ambil sedikit semir dan pegang erat-erat kain di jari-jari Anda lalu oleskan ke sepatu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Semir sepatu secara bertahap untuk memastikan penyebarannya merata di sepatu. Kemudian menggunakan sikat bulu kuda, sikat sepatu untuk mengeluarkan kilau alami sepatu kulit.
 
Membasahi lap dengan sedikit air dapat menambah kilau pada sepatu. Untuk sepatu yang mengilap dan berwarna pilih semir berbasis krim. Untuk menambah kilau, gunakan semir berbasis lilin.

Membersihkan dan melindungi sepatu suede

Memang sulit membersihkan noda air pada jenis sepatu ini. Namun sepatu berbahan suede lebih mudah dikelola menggunakan air dan menghilangkan masalah 'rambut anjing.'
 
Sebagai perawatan umum, sikat sepatu suede dalam satu arah untuk mengeluarkan kotoran. Aturan praktisnya adalah semakin lama suede, gunakan kuas yang semakin lembut. Untuk suede yang sangat pendek gunakan sikat kawat.
 
Semakin keras sikat, Anda harus menggunakannya dengan lebih tepat. Tips terbaik adalah gunakan pelindung suede yang akan bekerja mencegah noda masuk lebih dalam ke bahan ini.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif