Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

5 Manfaat Melakukan Hubungan Seks saat Hamil

Rona seks kehamilan
Sunnaholomi Halakrispen • 24 Juli 2020 19:05
Jakarta: Menurut dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari, Sp.OG, seks selama kehamilan adalah cara terbaik untuk tetap terkoneksi secara mental, emosional, dan fisik. Aktivitas tersebut juga bisa membuat bumil lebih santai dan merasa nyaman.
 
"Dengan peningkatan aliran darah itu, timbul gairah dan sensitivitas yang lebih mudah. Ini sangat normal," paparnya kepada Medcom.id.
 
Selain itu, seks saat hamil juga sering memberikan pengalaman seksual yang lebih menyenangkan dengan pasangan Anda. Hal ini sangat membantu untuk fokus pada hal-hal yang lebih positif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini akan membuat kehidupan seks Bumil lebih sehat, tingkat stres bumil lebih rendah, dan pada akhirnya tubuh Anda lebih sehat untuk bayi Anda yang sedang tumbuh," jelasnya.
 
Selain itu, ada sejumlah alasan mengapa melakukan seks di tengah kehamilan memberikan dampak positif. Berikut lima di antaranya, dikutip dari Fox News:

1. Tenaga kerja dan pemulihan yang lebih mudah

Mendapatkan orgasme meningkatkan kontraksi di dasar panggul Anda, yang membantu memperkuat otot yang Anda butuhkan untuk persalinan dan setelah melahirkan.
 
"Setelah Anda mendorong bayi Anda melalui otot-otot itu, maka ototpun akan memiliki waktu yang lebih mudah untuk menguat," ujar Jeanne Faulkner, perawat terdaftar di Portland, Oregon dan penulis Common Sense Pregnancy: Menavigasi Kehamilan dan Kelahiran yang Sehat untuk Ibu dan Bayi.

2. Pengaruhi intensitas ke kamar mandi

Anda selalu merasa seperti harus buang air kecil? Menurut Tammy Nelson, PhD, Penulis Getting the Sex You Want, sering pergi ke kamar mandi, bahkan bocor ketika Anda bersin atau tertawa dapat terjadi ketika Anda sedang hamil.
 
Selain itu, saat bayi Anda semakin besar dan menekan kandung kemih Anda, itu bisa menjadi lebih tidak nyaman. Kabar baiknya adalah bahwa otot yang sama yang akan Anda perkuat untuk persalinan Anda juga dapat membantu aliran urine.

3. Pencegahan komplikasi

Menurut sebuah penelitian di Denmark, hubungan seks yang sering dilakukan dapat membantu mencegah pre-eklampsia. Para peneliti percaya itu karena protein yang ditemukan dalam sperma yang dapat mengatur sistem kekebalan tubuh.
 
Namun, karena penyebab pre-eklampsia tidak diketahui, penting untuk selalu memerhatikan kandungan. Jagalah kunjungan prenatal Anda dan berbicara dengan dokter Anda tentang risiko Anda.

4. Menurunkan tekanan darah

Meskipun tekanan darah Anda mungkin lebih rendah setelah berhubungan seks, itu hanya sementara. Sehingga obatnya tidak berhubungan seks sepanjang waktu. Hal itu disampaikan Jeanne Faulkner.
 
Lantaran tekanan darah tinggi bisa serius bagi Anda dan bayi Anda, penting untuk bekerja sama dengan dokter Anda. Berdiskusilah tentang cara-cara untuk mencegah atau mengendalikan tekanan darah Anda.

5. Orgasme yang lebih baik

Ujung saraf tubuh Anda lebih sensitif, puting dan klitoris Anda membesar, serta ada lebih banyak estrogen yang mengalirkan darah ke panggul Anda. Nelson mengatakan bahwa kondisi itu biasanya lebih mudah untuk mencapai orgasme dan mereka juga lebih lama dan lebih kuat. Selain itu, wanita yang mengalami kesulitan orgasme sebelum kehamilan mungkin mereka tidak lagi melakukannya.
 

(FIR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif