Tanaman seperti Echeveria, Agave, Sedum, dan Kalanchoe berwarna-warni bisa tahan terhadap panas. (Foto: Pexels.com)
Tanaman seperti Echeveria, Agave, Sedum, dan Kalanchoe berwarna-warni bisa tahan terhadap panas. (Foto: Pexels.com)

Cara Simpel Membuat Taman Succulent

Rona gaya eksterior
Kumara Anggita • 18 November 2019 07:00
Jakarta: Apakah Anda ingin membuat taman idaman yang indah namun tidak tahu mau mulainya dari mana? Untuk itu, kali ini cobalah dari taman kontainer succulent otdoor.
 
Sebelum masuk lebih jauh lagi, tanaman succulent adalah tanaman yang sudah beradaptasi di lingkungan yang kering dengan menyimpan persediaan air di daun, batang ataupun pada akarnya.
 
Pasti sudah terbayang di benak Anda salah satunya adalah kaktus. Dan benar, kaktus merupakan jenis succulent. Tapi, tidak semua succulent adalah kaktus ya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nah, kalau sedang ada waktu luang, kita bisa memulai membuatnya di rumah. Anda bisa menggunakan alat dan bahan yang sudah ada di rumah. Percayalah, cara ini sederhana pasti kamu akan cepat mengerti dan menikmatinya.
 
Carilah tanaman seperti Echeveria, Agave, Sedum, dan Kalanchoe berwarna-warni yang tahan terhadap panas, kekeringan, dan dapat dibiarkan tanpa banyak merawat. Pastikan pula Anda memberikan drainase yang baik.
 
Birdbath yang bocor, saringan, ember berkarat, atau bahkan kotak makan siang lama bisa digunakan untuk wadahnya. Jika wadah yang kamu gunakan tidak ada sisi yang bisa dilalui air maka kamu bor atau tusuk beberapa lubang di bagian bawah.
 
Tutupi lubang yang ada atau yang ditambahkan dengan kasa kawat agar tanah tidak hanyut. Yang Anda butuhkan

1. Alat

- Sarung tangan berkebun
- Bor tanpa kabel dan bit
- Penyiram
- Tanaman succulent
- Wadah
- Kawat
- Pot tanah untuk kaktus dan succulent
- Batuan kecil atau kerikil sebesar kacang
 
Cara Simpel Membuat Taman Succulent
(Tanaman succulent adalah tanaman yang sudah beradaptasi di lingkungan yang kering dengan menyimpan persediaan air di daun, batang ataupun pada akarnya. Anda bisa mengkreasikan untuk mempercantik ruangan luar atau dalam. Foto: Dok. Bhg.com)

2. Cara membuatnya

- Isi wadah dengan tanah. Isi wadah yang Anda suka dengan tanah pot, atau campuran yang dibuat khusus untuk kaktus. Jangan lupa untuk menggunakan tanah yang cocok untuk tanaman kamu supaya tanaman kamu mendapatkan nutrisi dan drainase yang tepat agar tetap sehat.
 
- Tanah pot kaktus dirancang untuk menjaga agar akar tidak terlalu lembap, yang dapat menyebabkan pembusukan yang akan membunuh succulent. Anda dapat membuat tanah pot sendiri untuk succulent dengan mencampurkan tanah pot, pasir saja dan perlite (amandemen tanah yang sedikit mirip busa yang dihancurkan) dalam perbandingan 3: 2: 1.

3. Tempatkan tanaman kamu

Gali lubang dengan kedalaman yang pas. Letakan tanaman. Letakkan di lubang dan tekan tangan kamu untuk menghilangkan udara. Selanjutnya, isi ruang wadah dengan meletakkan tanaman. Bila Anda suka tampilan yang sangat penuh, kamu bisa mengisi ruang kosong dengan batu atau kerikil kaca.

4. Sirami tamanmu

Setelah selesai tanam menanam, lanjutkan dengan menyiram succulent kaku, tetapi ingatlah untuk tidak melakukannya dengan berlebihan. Selalu biarkan tanah benar-benar kering di antara penyiraman dan kemudian rendam.
 
Tes jari sederhana akan memberi tahu Anda kapan saatnya untuk menyiram lagi. Hal terbaik dari succulent adalah mereka bisa berthan seminggu atau lebih tanpa air sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang mereka mati saat lagi liburan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif