Berikut cara membawa kebaruan pada hubungan Anda. (Foto: Pexels.com)
Berikut cara membawa kebaruan pada hubungan Anda. (Foto: Pexels.com)

Tahun Baru, Nyalakan Semangat Baru pada Hubungan Anda

Rona romansa keluarga psikologi
Kumara Anggita • 06 Januari 2020 07:00
Jakarta: Tahun baru adalah awal untuk mengejar harapan baru, mungkin Anda ingin ganti style, ganti karier, atau membentuk badan. Namun, hal yang cukup penting untuk terus diperbaharui adalah hubungan.
 
Tentunya, bukan mengganti pasangan Anda namun meningkatkan kedekatan antara Anda dan pasangan seperti awal kali bertemu. Dilansir dari Bustle, pelatih pernikahan Belah Rose mengungkapkan "Ada sesuatu tentang tahun baru yang memberi semua orang energi dan kegembiraan untuk berubah,” ujarnya.
 
"Gunakan antusiasme ini dan arahkan ke hubungan Anda,” lanjutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yang pelu Anda ingat adalah buat suasana seakan Anda baru bertemu dengannya untuk pertama kali. "Tempatkan diri Anda dalam mode bertemu pasangan Anda untuk pertama kalinya,” jelasnya.
 
Bila Anda bingung cara memulainya, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Berikut cara membawa kebaruan pada hubungan Anda.

1. Berciuman dengan suami atau istri setidaknya enam detik

Ketika jam berdentang tengah malam di Tahun Baru, buat ciuman Anda dan pasangan suami atau istri itu bertahan setidaknya selama enam detik. Bila Anda lupa melakukannya kemarin. Tidak ada salahnya untuk mencoba hari ini.
 
"Mencium pasangan Anda selama ini akan melepaskan hormon oksitosin, yang merupakan hormon 'ikatan' yang memungkinkan kita untuk merasa terikat secara emosional dengan seseorang," kata pelatih kencan Lana Otoya.
 
Tahun Baru, Nyalakan Semangat Baru pada Hubungan Anda
(Hubungan Anda dengan pasangan tak selalu mulus. Barbara Morrison seorang psikoterapis mengatakan Jika Anda telah melakukan sesuatu atau mengatakan sesuatu yang merugikan yang lain, pastikan untuk segera memperbaiki dengan bertanggung jawab. Foto: Pexels.com)

2. Ritual melepaskan masa lalu

Untuk benar-benar memberikan awal yang baru bagi diri Anda pada tahun 2020, penting untuk melepaskan pikiran dan perasaan negatif Anda.
 
"Dendam adalah hal yang sangat berat untuk dibawa-bawa, dan membebani saat Anda memasuki tahun baru. Hal ini tidak baik untuk Anda, pasangan, atau hubungan Anda," ujar Jenny Block, pakar seks dan hubungan.
 
Block mengungkapkan bahkan Anda bisa buat ritualnya. Buat daftar semua hal yang Anda berdua ingin tinggalkan dan kemudian membakarnya atau merobeknya menjadi potongan-potongan kecil. 
 
Jika Anda berada di dekat air, Anda dapat mengambil batu, pegang batu itu di tangan Anda dan pikirkan apa yang ingin Anda lepaskan. Setelah Anda siap, lempar batu sejauh mungkin ke dalam air.

3. Memelajari bahasa cinta satu sama lain

Awal tahun baru adalah saat yang tepat untuk membicarakan satu sama lain untuk mengekspresikan cinta. Apakah itu melalui kata-kata atau, apakah mereka menunjukkannya dengan hadiah.
 
"Ini mungkin terdengar murahan, tetapi sangat penting untuk memahami bagaimana Anda dan pasangan sama-sama suka menerima cinta, jadi Anda tahu cara terbaik untuk memberikannya," ungkap Julie Lauren, seorang pakar hubungan.

4. Buat rencana bersama

Untuk memaksimalkan tahun baru, tulis beberapa niat dan buat rencana bersama. Mungkin Anda ingin melakukan perjalanan selama seminggu untuk ulang tahun Anda atau menemukan hobi baru yang dapat Anda lakukan bersama.
 
"Ketika Anda merencanakan dan mengerjakan sesuatu bersama, itu bisa memberikan awal baru untuk hubungan apa pun," kata Block.
 
Jika rencana itu melakukan sesuatu yang baru, itu bisa memberi Anda dan pasangan kesempatan untuk saling melihat dalam sesuatu yang baru.

5. Saling berkomitmen mengatasi masalah

Untuk ke konselor pasangan, Anda bisa datang kapan saja, tidak hanya saat hubungan Anda akan berakhir. “Jangan menunggu untuk menemui terapis jika Anda mengalami kesulitan menyelesaikan masalah," kata Barbara Morrison, psikoterapis.
 
"Semakin lama Anda menunggu, semakin sulit untuk memperbaiki hubungan,” lanjutnya. Jika Anda tidak ingin pergi ke terapis, buatlah komitmen untuk memperbaiki hubungan Anda ketika masalah muncul. 
 
"Jika Anda telah melakukan sesuatu atau mengatakan sesuatu yang merugikan yang lain, pastikan untuk segera memperbaiki dengan bertanggung jawab atas tindakan Anda," kata Morrison. Mengucapkan maaf adalah sebuah permulaan, tetapi lebih penting lagi untuk melakukan perubahan.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif