Dua aktris Dewi Sandra dan Tatjana Saphira saat menghadiri gerakan #BeraniPeduli. (Foto: Kumara/Medcom.id)
Dua aktris Dewi Sandra dan Tatjana Saphira saat menghadiri gerakan #BeraniPeduli. (Foto: Kumara/Medcom.id)

Gerakan Kepedulian demi Tingkatkan Minat Baca

Rona minat baca
Kumara Anggita • 19 Februari 2019 14:36
Jakarta: Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia menjadi sebuah permasalahan yang tidak terselesaikan dari dulu. Oleh sebab itu, beberapa pihak seperti pemerintah, pihak swasta, dan harus bekerja sama dalam meningkatkan jumlah pembaca Indonesia. Khususnya bagi generasi muda.
 
Berdasarkan hasil riset Central Connecticut State University 2016, Indonesia menempati peringkat ke-60 dari 61 negara dalam katageri Most Literate Nations in The World. Data tersebut adalah kondisi memprihatinkan, mengingat banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari membaca.
 
Salah satu produk kecantikan, Wardah membuat suatu gerakan yang disebut sebagai #BeraniPeduli. Kegiatan ini dibuat untuk meningkatkan minat baca anak-anak Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Salah satu faktor yang memengaruhi rendahnya minat baca adalah keterbatasan akses terhadap buku. Karena itu, dalam #BeraniPeduli, kami mencoba mengumpulkan buku bekas layak baca untuk usia 6-12 tahun. Harapannya, anak-anak akan memiliki lebih banyak pilihan bahan bacaan dan jadi senang membaca,” tutur Brand Manager Wardah Cosmetics, Shabrina Salsabila di Jakarta baru-baru ini.

Baca juga: Benarkah Cokelat Hitam Ampuh Redakan Batuk?

Sementara itu aktris Tatjana Saphira juga menyayangkan kondisi di mana anak Indonesia malas membaca. Padahal dengan membaca, semua orang bisa meningkatkan sisi intelegennya.
 
“Saya pribadi suka baca buku. Baca buku adalah jendela ke dunia. Dengan baca buku kita dapat insight tentang dunia. Kita juga dapat perbendaharaan kata buru, punya pola pikir baru, cara pandang yang berbeda. Sisi lain juga. Selain itu membaca juga menjadi hiburan,” tutur Brand Ambassador Wardah, Tatjana Saphira.
 
“Saya kalau lagi bosan, daripada buka sosial media, saya baca buku,” lanjutnya.
 
Tak hanya Tatjana, Dewi Sandra pun juga berharap distribusi buku semacam ini terus berlanjut. Dengan membaca, manfaat yang diterima begitu beragam. Termasuk peningkatan daya anak untuk berimajinasi.
 
“Saya harap orang semakin peduli dengan siapapun yang membutuhkan. Dengan taman baca inovator, kita menghasilkan anak-anak generasi masa depan orang yang bisa berimajinasi,” tutur Brand Ambassador Wardah lainnya, Dewi Sandra.
 
Jika Anda mau berkontribusi dalam meningkatkan minat baca anak Indonesia, Anda bisa memberikan buku di drop box #BeraniPeduli di 70 titik hingga 30 April 2019. Titik tersebut berada di 12 Wardah Beauty House yang ada di wilayah Indonesia dan di beberapa universitas,  seperti ITB, UI, UNPAD, IPB, UNIBRAW, UNDIB, ITS, UGM, dan POLBAN.
 
Atau bisa juga ke PT Paragon Technology and Innovation di Jakarta, dengan ditujukan kepada PR Division Paragon III.
 
Medcom.id Gelar Sharing Session Pemenang OSC UAI

 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif