(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Cara Melatih Bayi agar Memiliki Pola Tidur yang Baik

Rona topik khusus rona
Sri Yanti Nainggolan • 17 Mei 2018 14:51
Jakarta: Pola tidur bayi memang masih tak teratur dan membutuhkan waktu untuk bisa mengikuti pola tidur seperti orang dewasa. Namun, bukan berarti ibu tak bisa melatihnya sejak dini. 

Psikolog anak dan keluarga Ayoe Sutomo menyarankan untuk membuat anak beradaptasi dengan hal tersebut sedini mungkin, misalnya pada usia dua atau tiga bulan.

"Melatih tidur teratur bisa dilakukan, walau tak sama untuk setiap bayi karena metabolisme yang berbeda satu sama lain," ujarnya pada Medcom.id saat dihubungi via telepon pada Rabu, 16 Mei 2018. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Ia memberi contoh, saat jatah minum susu siang hari, bayi yang tertidur dibangunkan sebentar, tidak dibiarkan tidur terus. Hal serupa juga berlaku saat menyusui anak, dimana waktu tersebut jangan dilewatkan karena bayi masih tidur.  "Hal ini bisa mempercepat pemahaman ritme pada bayi, jadi mereka tahu kapan harus bangun karena masih siang," tambahnya.

Di satu sisi, selain mengajarkan bayi, ibu juga mendapatkan manfaat bagi dirinya. Pola tidur anak yang semakin cepat teratur juga membuat waktu istirahat ibu ikut membaik. Durasi tidur yang berkurang drastis karena sibuk mengurus mengikuti pola tidur si kecil yang tak menentu, berangsur-angsur berkurang. 

"Kurang tidur adalah sumber penyakit, baik secara fisik maupun psikologis. Jadi membiasakan pola tidur bayi juga membuat pola tidur ibu cepat membaik," pungkasnya. 





(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi