Keutamaan Peringatan Nuzulul Quran Bersama WNI di Budapest
WNI di Budapest, Hungaria merayakan Nuzulul Quran (Foto: Dok. KBRI Budapest).
Budapest: Ramadan adalah bulan penuh rahmat. Umat Muslim berbondong-bondong mendulang pahala di bulan yang suci ini.
 
Memperingati Hari Turunnya Alquran atau biasa disebut Nuzulul Quran, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Budapest, Hungaria mengadakan kegiatan yang diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia (WNI) di Hungaria.
 
Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan kegiatan buka puasa bersama yang dihadiri oleh seluruh keluarga besar KBRI Budapest, masyarakat, diaspora, mahasiswa, pelajar dan tenaga kerja terampil Indonesia yang sedang bertugas di Hongaria. 
 
"Inti ibadah puasa Ramadan bukan hanya menahan diri namun bagaimana kita mengurangi diri kita dari keinginan-keinginan yang berlebihan sehingga selepas bulan Ramadan kehidupan sehari-hari kita masih tetap dalam suasana Ramadan," ujar Dubes Indonesia untuk Hungaria Wening Esthyprobo, dalam kegiatan 2 Juni 2018 tersebut, seperti dikutip dari keterangan tertulis KBRI Budapest yang diterima Medcom.id, Selasa 5 Juni 2018. 
 
Kegiatan memperingati Nuzulul Quran tersebut kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran serta Saritilawah yang dibawakan oleh mahasiswa Indonesia anggota PPI Hongaria serta Tausiah mengenai inti dari ajaran Islam dan Alquran sebagai pedoman hidup muslim.


Dubes Indonesia untuk Hungaria Wening Esthyprobo (baju hijau) (Foto: Dok. KBRI Budapest).
 
Peringatan Nuzulul Quran tahun ini makin bermakna dengan kehadiran kirang lebih 30 orang tenaga kerja ahli asal Indonesia yang bekerja pada pabrik Guntner Tata Hongaria.
 
Bagi para pekerja yang tergolong baru bekerja di Hongaria, kegiatan peringatan Nuzulul Quran ini merupaka pengobat rindu kampung halaman dan suasana Ramadan di tanah air yang mereka rindukan.
 
Kegiatan buka puasa bersama ini juga dimanfaatkan oleh PPLN Budapest untuk melakukan pendataan kembali untuk WNI yang baru tiba di Hongaria demi kepentingan Pemilu 2018.
 
Tidak ketinggalan, selama bulan Ramadhan KBRI Budapest secara rutin melakukan kegiatan Buka Puasa Bersama yang dilakukan setiap akhir pekan.  Kegiatan buka bersama mingguan tersebut terselenggara dalam suasana kekeluargaan dan kesederhanaan, dibuat secara swadaya dari seluruh staf KBRI dan ITPC Budapest serta masyarakat Indonesia di Hungaria.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id